Baba Sapi Jenis Simental Berat 990 Kilogram Ini Kurban Presiden Jokowi untuk Warga Palembang

 Baba Sapi Jenis Simental Berat 990 Kilogram Ini Kurban Presiden Jokowi untuk Warga Palembang

Baba sapi jenis simental dengan bobot 990 Kilogram saat ditinjau di peternakan Tegal Binangun Kecamatan Jakabaring Palembang, Rabu (14/6).-Foto : Tia-

PALEMBANG, PALPOS.ID – Jelang hari raya Idul Adha 1444 Hijriyah, Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Provinsi Sumatera Selatan melakukan peninjauan terhadap Baba sapi kurban Presiden RI Joko Widodo yang diperuntukan bagi warga Kota PALEMBANG yang berlokasi di peternakan daerah Tegal Binangun, Kecamatan Jakabaring, PALEMBANG.

Sapi jenis Simental yang berbobot 990 kilogram ini dipilih sebagai sapi kurban Presiden RI setelah lolos uji laboratorium.

BACA JUGA:Belasan Sumur Warga Tercemar, Komisi 3 Imbau PDAM Beri Bantuan Air Bersih

“Sapi ini dipilih karena memenuhi sejumlah kategori yang telah ditentukan, alhamdulillah sudah ada hasil laboratoriumnya baik dari segi kesehatan sapi bebas dari PMK, bebas dari LSD (virus dari keluarga poxviridae) dan penyakit lainnya,” ujar Kepala DKPP Provinsi Sumsel Ruzuan Effendi pada, Rabu (14/6).

Ruzuan menyampaikan sapi Presiden yang dipilih untuk menjadi hewan kurban harus sapi asli dari daerah masing-masing.

BACA JUGA:Angkutan Batubara Melintas Diluar Jam Kesepakatan Ditangkap

“Kita dalam menentukan harus tahu dulu umurnya, kesehatannya, asal usulnya karena sapi Presiden ini biasanya memang salah satu syaratnya adalah asli hasil dari peternak di Palembang dan tidak mengambil dari luar,” ungkap dia.

Ia mengatakan sapi yang hampir mencapai bobot satu ton ini nantinya akan diserahterimakan dengan pihak Pemerintah Daerah (Pemda) bidang Kesra.

BACA JUGA:Hanyut di Sungai Enim, Pelajar SMP Ditemukan Dialiran Sungai Lematang

“Insyaa allah hari ini akan diserahterimakan dengan pihak Pemda ke bidang Kesra dan kemungkinan besar ini akan diserahkan ke Masjid Agung,” kata dia.

Meski sapi ini telah lolos uji laboratorium, Ruzuan menuturkan dalam hal pemeliharaan sapi ini harus tetap dijaga hingga hari H nanti.

BACA JUGA:Curi Besi Pembatas Tol untuk Beli Rokok, 3 Remaja di Prabumulih Diciduk Polisi

“Kita tetap harus jaga kesehatannya ya walaupun sudah divaksin, sudah diambil sampelnya, dari hal pemeliharaan tetap harus dijaga sampai hari H nya seperti makanannya, kebersihanya, dan dari segi lainnya,” ucap dia.

Sementara itu, pemilik sapi ternak Ibrahim Amsya menyampaikan harga Baba sapi kurban miliknya dibandrol dengan harga Rp92 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: