16 Pasangan Calon Pengantin di Kayuagung Ikuti Bimwin, Ini Tujuannya...

16 Pasangan Calon Pengantin di Kayuagung Ikuti Bimwin, Ini Tujuannya...

16 pasangan pengantin di Kayuagung saat mengikuti Bimwin di Masjid Babussalam, Kelurahan Mangun Jaya, Kamis, 13 Juli 2023.--Foto: Diansyah

KAYUAGUNG, PALPOS.ID - Sebanyak 32 orang atau 16 pasangan calon pengantin di wilayah Kayuagung mengikuti kegiatan Bimbingan Perkawinan (Bimwin) dari Kantor Kementrian Agama Kabupaten OKI, Kamis, 13 Juli 2023.

Kepala Kantor Kementrian Agama OKI, H Syarip melalui Kasi Bimas Islam, H Ismid SAg mengatakan, kegiatan Bimwin berlangsung di Masjid Babussalam, Kelurahan Mangun Jaya, Kecamatan Kayuagung.

"Para peserta ini ialah calon pengantin yang akan menikah di bulan Juli, mereka merupakan angkatan ke-28 dan telah memenuhi syarat pernikahan atau semuanya berusia di atas 19 tahun," ungkapnya.

BACA JUGA:Tips Bikin Konten Food Vlogging Lebih Epic dengan Samsung Galaxy S21 FE 5G

Ia menambahkan, selain dari Kantor Kementrian Agama Kabupaten OKI, juga ada dari Pihak Dinas Kesehatan (Dinskes) yang memberikan bimbingan seputar kesehatan.

"Kesehatan itu perlu juga, karena sekarang ada Elsimil (Elektronik Siap Nikah dan Hamil). Dari kesehatannya, apakah dia ini sudah siap hamil atau belum, makanya perlu diperiksa. Hal itu berkaitan dengan pengentasan stunting," ujarnya.

Dikatakannya lagi, Kantor Kementrian Agama Kabupaten OKI memberikan bimbingan seputar membentuk keluarga berkualitas, ekonomi keluarga, dan keluarga yang sakinah.

BACA JUGA:Ini Pantangan dan Anjuran Makanan Bagi Penderita Maag, Auto Sembuh!

"Terkait ekonomi penting disampaikan. Hal ini untuk menjaga, karena sekarang banyaknya problem yang timbul dalam rumah tangga karena faktor ekonomi, dan segala macamnya, serta pengelolaan keuangan keluarga," tuturnya.

Masih kata Ismid, untuk membentuk pondasi keluarga yang sakinah dibutuhkan keimanan, keterbukaan, serta saling memahami satu sama lain antar pasangan. 

"Keimanan itu seperti taat beribadah dan mengkhiasi rumah tangga dengan sholat berjamaah. Untuk keterbukaan juga penting, karena kalau semuanya jadi rahasia bisa memicu rasa kecurigaan," imbuhnya.

BACA JUGA:Girls, Mau Miss V Jadi Wangi dan Sehat ? Simak Caranya...

Menurutnya, selain membentuk keluarga berkualitas, ekonomi keluarga, dan pondasi keluarga yang sakinah. Tujuan utama kegiatan Bimwin untuk mencegah terjadinya perceraian.

"Kenapa kita sampaikan masalah ekonomi? karena penyebab perceraian ini memang didominasi oleh faktor ekonomi. Jadi diharapkan, Bimwin ini bisa mencegah hal tersebut," tutupnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: