Pelabuhan Sungai 16 Ilir dan Sungai 17 Ulu Diresmikan, Pemerintah Gelontorkan Dana 106 Miliar Lebih

Pelabuhan Sungai 16 Ilir dan Sungai 17 Ulu Diresmikan, Pemerintah Gelontorkan Dana 106 Miliar Lebih

Suasana Pelabuhan Sungai 16 Ilir Palembang, Sumatera Selatan, Sabtu (15/7). -Foto: Tia-

PALEMBANG, PALPOS.ID – Pemerintah Kota PALEMBANG bersama Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Republik Indonesia (RI) Hendro Sugiatno meresmikan Pelabuhan Sungai 16 Ilir dan 17 Ulu pada, Sabtu (15/7).

Ia menyebutkan Pemerintah Pusat menggelontorkan dana hingga 106,72 Miliar untuk Pelabuhan Sungai 16 Ilir dan 75 Miliar untuk Sungai 17 Ulu. 

“Pelabuhan 16 Ilir dan 17 Ulu ini sudah lama dibangun sejak 2019 sampai 2022, dengan anggaran yang tidak sedikit ini bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Palembang dan untuk mempermudah masyarakat menggunakan sarana transportasi air,” ujar Hendro.

BACA JUGA:Cegah ASN Bolos, Pemkot Palembang Berlakukan Absensi Wajah, Awas Gaji Dipotong

Ia menyampaikan selain nantinya akan digunakan untuk pelayanan bagi masyarakat pengguna moda transportasi air.

Kawasan 16 Ilir merupakan pusat ekonomi Kota Palembang oleh sebab itu wilayah tersebut dilakukan revitalisasi,” imbuhnya.

Ia mengatakan bahwa pengelolaan ini nanti diserahkan seluruhnya kepada Pemkot Palembang untuk dimanfaatkan secara maksimal sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi serta meningkatkan destinasi untuk anak-anak beraktifitas di tepian sungai musi.

BACA JUGA:ASN Pemkot Palembang Wajib Absen Wajah, Ini Tanggapan Walikota Harnojoyo...

“Saya yakin ini akan dikembangkan oleh Walikota Palembang karena saya dengar beliau akan merenovasi gedung pasar 16 yang di belakang supaya menjadi lebih bagus saya yakin aktifitas anak-anak muda, aktifitas ekonomi saya yakin akan tumbuh di tempat ini,” kata dia.

Sementara, Walikota Palembang Harnojoyo menjelaskan hal ini guna mengurai kemacetan transportasi darat dan juga diharapkan mampu untuk membenahi transportasi publik lain yang salah satunya yakni transportasi sungai.

“Kalau kita alihkan ke transportasi sungai maka harus dibuat nyaman dan aman dan jika sudah terealisasi baru nanti keberadaan mobil bisa kita atur dan kita batasi, saya kira mau berapa tingkat naik ke atas atau mau berapa banyak turun ke bawah, kemacetan akan terus terjadi” katanya.

BACA JUGA:Dinas Koperasi dan UMKM Kota Palembang Kenalkan Rumah Limas, Ini Tujuannya...

Ia juga mengungkapkan tidak hanya melakukan revitalisasi di pelabuhan 16 Ilir dan 17 Ulu saja tetapi juga akan melakukan perbaikan terhadap dermaga-dermaga kecil yang ada di wilayah sungai musi agar bisa digunakan secara maksimal.

“Tahun ini ada tiga yang dianggarkan dermaga kecil ini tentu harus berkesinambungan setiap tahun, ini juga tentunya kami usulkan kepada Kementerian Perhubungan dan ke CSR perusahaan besar seperti Pusri dan Pertamina untuk perbaikan dermaga,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: