Hati-Hati! Kebiasaan Ini Bisa Memicu Ambeien, Nomor 2 Paling Sering Dilakukan

Hati-Hati! Kebiasaan Ini Bisa Memicu Ambeien, Nomor 2 Paling Sering Dilakukan

Ilustrasi membawa gedget ke toilet saat BAB.-Foto-Grid.id

PALEMBANG, PALPOS. ID - Ambeien, atau yang lebih dikenal sebagai wasir, adalah kondisi dimana pembuluh darah di sekitar anus dan rektum membengkak dan meradang.

Biasanya disebabkan oleh tekanan berlebih pada pembuluh darah tersebut, seperti sembelit kronis, kehamilan, obesitas, atau terlalu sering mengejan saat buang air besar.

Gejala umum ambeien meliputi rasa gatal atau nyeri di area anus, perdarahan saat buang air besar, benjolan yang teraba di sekitar anus (ambeien internal) atau benjolan yang tampak di luar anus (ambeien eksternal). 

BACA JUGA:Ternyata Ooh Ternyata, Jagung Manis Banyak Manfaat Untuk Kesehatan Termasuk Untuk Bumil

1. Mengangkat beban berat

Kebiasaan ini dapat memberikan tekanan pada rektum sehingga memicu pembengkakan pembuluh darah dan dapat memicu timbulnya ambeien.

2. Membawa gadget ke toilet

Kebiasaan ini paling sering dilakukan oleh orang-orang ketika ketoilet membawa gadget seperti HP, yang dapat menyebabkan seseorang berada di toilet dalam durasi yang cukup lama. Terlalu lama duduk di dudukan toilet akan memberi penekanan pada pembuluh darah di area anus dan memicu ambeien.

BACA JUGA:Detox Drink, Rahasia Bikin Muka Glowing dan Tubuh Langsing Alami, Bye-Bye Perut Buncit

3. Konstipasi

Sembelit atau sulit buang air besar dapat meningkatkan tekanan pada pembuluh darah di area anus dan rektum.

4. Pola makan yang tidak sehat

Kurangnya asupan serat ternyata dapat menyebabkan ambeien. Sebab, asupan serat diperlukan untuk membantu meningkatkan dan melunakkan tinja supaya dapat melewati saluran pencernaan dengan lancar.

BACA JUGA:10 Manfaat Buah Nangka, Ternyata Salah Satunya Mencegah Kanker

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: