Bantu Turunkan Stunting Melalui Program Manunggal Air, Dandim Resmikan Tempat MCK Umum

Bantu Turunkan Stunting Melalui Program Manunggal Air, Dandim Resmikan Tempat MCK Umum

Bantu Turunkan Stunting Melalui Program Manunggal Air, Dandim Resmikan Tempat MCK Umum-Foto : Yati/Palpos-

LUBUKLINGGAU, PALPOS.ID - Dandim 0406/Lubuklinggau, Letkol Arm Anggeng Prasetyo Sulistyo, melakukan peluncuran program manunggal air secara nasional dan peresmian penggunaan tempat Mandi, Cuci, Kakus (MCK), di Kelurahan Jukung, Kecamatan Lubuklinggau Selatan I Kota Lubuklinggau Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Selasa 25 Juli 2023.

Bersamaan dengan kegiatan itu juga dilakukan pemberian bantuan sosial bagi masyarakat stunting dan ibu hamil.

Dalam kesempatan itu, Anggeng mengatakan bahwa dengan Program manunggal air tersebut diharapkan tidak saja dapat memenuhi kebutuhan akan air bersih masyarakat namun hidup masyarakat juga semakin sehat.

BACA JUGA:Harga HET Elpiji Berbeda Begini Tanggapan Dewan

"Dengan begitu diharapkan tingkat stunting di wilayah kita semakin menurun dan kedepannya tidak ada lagi masyarakat yang stunting," katanya.  

Ditambahkan Anggeng, pelaksanaan program manunggal air dan MCK untuk masyarakat ini telah dilakukan di empat tempat.  Selain di Kota Lubuklinggau, juga di Kabupaten Musi Rawas dan Musi Rawas Utara atau Muratara.

"Satu di Musi Rawas Utara, dua di Musi Rawas dan satu lagi ini di Jukung Kecamatan Lubuklinggau Selatan I Kota Lubuklinggau," ungkapnya.

BACA JUGA:Alhamdulillah Pembangunan Tol Bengkulu-Lubuklinggau Dipastikan Berlanjut, Perjalanan Bisa Lebih Cepat

Untuk Kota Lubuklinggau pembangunan sumur bor susah selesai dan MCK sudah bisa digunakan. Namun beberapa rumah masih memerlukan pipa nisasi.

"Kebetulan disini juga masih ada masyarakat yang perlu pipanisasi artinya apa satu sumur bisa buat beberapa keluarga," jelasnya.


Sekarang yang berjalan sudah tiga lokasi lagi satu di Desa Belani Musi Rawas Utara dan dua di Megang Sakti Kabupaten Musi Rawas.

BACA JUGA:Diduga Malu Terlilit Hutang, Marningsih Memilih Jalan Akhir Ini

"Semoga apa yang kita lakukan hari ini bermanfaat untuk masyarakat," ujarnya.

Sementara itu, Walikota Lubuklinggau H SN Prana Putra Sohe (Nanan) menyampaikan ucapan terima kasihnya mewakili masyarakat Kota Lubuklinggau atas program manunggal air TNI-AD.  

"Ini adalah program nasional dari Pak Kassad berkaitan dengan manunggal air TNI, artinya beliau konsen untuk memperhatikan masyarakat," ujar Nanan. Program tersebut menurut Nanan juga berkaitan dengan stunting.

BACA JUGA:Biasa Mandi di Sungai Remaja Kelurahan Ulak Lebar Malah Tenggelam, Ditemukan Sudah Tidak Bernyawa

"Mungkin beliau melihat stunting juga bisa disebabkan dengan kualitas air, jadi beliau seluruh Indonesia juga bergerak untuk memberi sumbangsih sumber air sekaligus itu yang paling utama MCK nya untuk Lubuklinggau," kata Nanan.

Nanan juga memberikan apresiasi kepada Dandim, karena selain memperhatikan sumber air dan MCK, Dandim juga memberikan makanan tambahan bernutrisi berkaitan dengan penanganan stunting.  Selain itu Dandim juga melakukan bedah rumah.

"Sekali lagi atas nama masyarakat Kota Lubuklinggau khususnya Jukung kita mengucapkan terima kasih sama Pak Dandim sama Pak Kasat ya, yang sudah memberikan perhatian kepada warga Kota Lubuklinggau," pungkas Nanan. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: