Ibukota Provinsi Sumatera Timur Pemekaran Provinsi Sumatera Utara Berjarak 183 Kilometer dari Kota Medan

Ibukota Provinsi Sumatera Timur Pemekaran Provinsi Sumatera Utara Berjarak 183 Kilometer dari Kota Medan

Ibukota Provinsi Sumatera Timur Pemekaran Provinsi Sumatera Utara Berjarak 183 Kilometer dari Kota Medan.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

TANJUNG BALAI, PALPOS.ID – Bisa dikatakan wajar jika ada wacana pembentukan Provinsi Sumatera Timur pemekaran Provinsi Sumatera Utara.

Pasalnya, jarak dari calon ibukota Provinsi Sumatera Timur yakni Kota Tanjung Balai menuju Ibukota Provinsi Sumatera Utara yaitu Medan, sejauh 183 kilometer.

Bahkan, dengan jarak itu bisa ditempat lewat perjalanan darat 4 jam 24 menit. Namun saat ini dari Medan menuju Kota Tanjung Balai bisa ditempuh melalui jalan tol.

Yakni Jalan Tol Medan-Kuala Namu-Tebing Tinggi. Namun jika tidak lewat tol, maka bisa ditempuh dengan perjalanan darat melalui Jalan Lintas Sumatera atau Jalinsum.

BACA JUGA:4 Fakta Menarik Kota Tanjung Balai Calon Ibukota Provinsi Sumatera Timur Pemekaran Provinsi Sumatera Utara

BACA JUGA:Ini Batas Wilayah Kota Tanjung Balai Calon Ibukota Provinsi Sumatera Timur Pemekaran Provinsi Sumatera Utara

Kota Tanjung Balai bakal dijadikan ibukota Provinsi Sumatera Timur pemekaran Provinsi Sumatera Utara.

Dimana, batas wilayah Kota Tanjung Balai ini berada di selatan 2 derajat 58 Lintang Utara atau LU dan 99 derajat 48 Bujur Timur atau BT.

Selain itu, Kota Tanjung Balai dikelilingi Kabupaten Asahan. Dimana disebelah utara berbatasan dengan Kecamatan Tanjung Balai.

Kemudian, sebelah selatan dan barat berbatasan dengan Kecamatan Simpang Empat, serta sebelah timur berbatasan dengan Kecamatan Sei Kepayang.

BACA JUGA:Profil Kota Tanjung Balai Calon Ibukota Provinsi Sumatera Timur Pemekaran Provinsi Sumatera Utara

BACA JUGA:Wacana Daerah Otonomi Baru Provinsi Sumatera Timur Pemekaran Provinsi Sumatera Utara

Diketahui, pertengahan abad ke-18 lahirlah Kesultanan Asahan yang dibentuk Pemerintah Hindia Belanda, hingga dibuka perkebunan di wilayah Negara Sumatera Timur saat itu.

Untuk mempermudah pengangkutan hasil kebun, hingga dibentuk Kota Tanjung Balai yang dijadikan Kota Pelabuhan dan pintu masuk lalu lintas perdagangan ke daerah Asahan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: