Asal Nama Kabupaten Lahat Calon Ibukota Provinsi Palapa Selatan Pemekaran Provinsi Sumsel-Bengkulu

Asal Nama Kabupaten Lahat Calon Ibukota Provinsi Palapa Selatan Pemekaran Provinsi Sumsel-Bengkulu

Kabupaten Kikim Area Pemekaran Lahat Bersiap Menjadi Calon Daerah Otonomi Baru di Sumatera Selatan.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

LAHAT, PALPOS.ID – Ternyata ini asal nama Kabupaten Lahat calon ibukota Provinsi Palapa Selatan pemekaran gabungan Provinsi Sumatera Selatan atau Sumsel dan Provinsi Bengkulu.

Sebenarnya banyak versi sejarah nama Kabupaten Lahat tersebut. Akan tetapi salah satu versinya yakni karena ada peperangan antara penduduk pribumi dengan penjajah pada zaman itu.

Dimana, korban peperangan tersebut tidak dikuburkan secara layak karena banyaknya korban meninggal dunia. Sehingga para korban itu dikuburkan dalam satu kuburan besar atau liang lahat.

Jadi, dengan dibuatnya liang lahat raksasa untuk menguburkan para korban perang. Sehingga itulah asal nama Kabupaten Lahat, karena ada liang lahat raksasa.

BACA JUGA:Batas Wilayah Kabupaten OKU Calon Ibukota Provinsi OKE Pemekaran Provinsi Sumatera Selatan

BACA JUGA:Kabupaten OKU Bakal Calon Ibukota Provinsi OKE Pemekaran Provinsi Sumatera Selatan

Ternyata disini calon ibukota Provinsi Palapa Selatan pemekaran gabungan Provinsi Sumatera Selatan dan Provinsi Bengkulu.

Dimana, calon ibukota Provinsi Palapa Selatan itu yakni Kabupaten Lahat Provinsi Sumatera Selatan. Hal itu wajar mengingat sejarah dan Suku Besemah.

Selain itu, dua daerah lainnya dari Provinsi Sumatera Selatan lainnya yakni Kota Pagaralam dan Kabupaten Empat Lawang juga merupakan daerah pemekaran Kabupaten Lahat.

Terakhir, kabupaten yang terdiri dari 24 kecamatan 17 kelurahan dan 360 desa ini memang dinilai paling siap dengan fasilitas sebagai ibukota calon provinsi baru tersebut.

BACA JUGA:UPDATE TERBARU! Pemekaran Provinsi Sumatera Selatan Usulkan 4 Provinsi Daerah Otonomi Baru

BACA JUGA:Ada Lagi Usulan Pembentukan Provinsi OKE Pemekaran Provinsi Sumatera Selatan, Bagaimana Progresnya?

Meskipun moratorium DOB belum dicabut Pemerintah Pusat, namun sejumlah daerah wacanakan pemekaran wilayah atau pemekaran daerah.

Salahsatunya ada usulan provinsi baru pemekaran gabungan Provinsi Sumatera Selatan dan Provinsi Bengkulu. Adapun nama provinsi DOB itu yakni Provinsi Palapa Selatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: