Paskibraka Kabupaten OKI Tahun Ini Lalui 7 Tahapan Seleksi

Paskibraka Kabupaten OKI Tahun Ini Lalui 7 Tahapan Seleksi

39 Paskibraka Kabupaten OKI saat menjalani latihan di halaman Kantor Bupati OKI, Kamis (3/8/2023)-Foto : Diansyah/Palpos-

KAYUAGUNG, PALPOS.ID - Pada tahun 2023 ini, Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) melewati tujuh tahapan seleksi.

Hal itu disampaikan Kepala Kesbangpol OKI, Fahrul Rozi SSos MM melalui Kepala Bidang Bina Ideologi Wawasan Kebangsaan dan Karakter Bangsa, Amrizal, Kamis (3/8/2023).

"Untuk mengikuti tahapan seleksi harus mendaftar melalui Aplikasi Transparansi Paskibraka. Dimana 7 tahap tersebut diantaranya, Kesehatan, Parade, CAT PIP, CAT TIU, PBB, Kesamaptaan, dan Wawancara," ungkapnya.

BACA JUGA:Hingga Selesai Tahapan Pemilu dan Pilkada Serentak 2024, Tidak Ada Tahapan Pilkades

Menurutnya, seleksi menggunakan sistem gugur. Pada aplikasi tersebut langsung diketahui jika peserta tidak lulus pada tahapan yang dijalaninya. Kemudian tidak bisa melanjutkan ke tahap seleksi berikutnya.

"Jika ada tahapan tidak lulus, maka tidak bisa lanjut ke tahap berikutnya, jadi harus lulus semua. Ini langsung konek ke Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP). Keputusan untuk meluluskan anak-anak tersebut ada pada BPIP," ujarnya.

Ia menambahkan, penaikkan bendera pada Peringatan HUT RI ke-78 ini akan dilakukan oleh sebanyak 39 Paskibraka. Dimana ke 39 Paskibraka tersebut telah berhasil melewati 7 tahapan seleksi.

BACA JUGA:Kecelakaan Roda Dua di Tahun 2022-2023 Mencapai 190.800 Orang dan Meninggal 33.028

"Mendaftar aplikasi pada bulan Februari 2023 lalu, dan selesai seleksi tanggal 2 Mei. Pada tanggal 9 - 23 Juli, ke 39 paskibra OKI telah menjalani pra latihan dan telah terbentuk fisik mereka," tuturnya.

Dikatakannya lagi, para Paskibraka OKI ini akan menjalani karantina dari tanggal 30 Juli sampai 18 Agustus di Hotel Purnama.

"Latihan yang dimulai dari tanggal 30 hingga per hari ini untuk memperbagus gerakan mereka saja. Nanti kita akan membentuk formasi 17-8, dan harapannya peringatan HUT RI ke-78 ini berjalan aman dan lancar," tutupnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: