Cuaca Ekstrem, Dinkes OKI Imbau Ada Sejumlah Penyakit yang Perlu Diwaspadai

Cuaca Ekstrem, Dinkes OKI Imbau Ada Sejumlah Penyakit yang Perlu Diwaspadai

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Ogan Komering Ilir, Iwan Setiawan.-Foto: Diansyah-PALPOS.ID

KAYUAGUNG, PALPOS.ID - Beberapa minggu belakangan ini, Indonesia dilanda cuaca panas yang cukup ekstrem. 

Terkait hal itu, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) mengatakan, ada sejumlah penyakit yang memang perlu diwaspadai.

Kepala Dinkes OKI, Iwan Setiawan mengatakan, pastinya cuaca ekstrim panas ini dapat menyebabkan dehidarasi, menjadikan anak-anak balita diare dan Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA).

BACA JUGA:Kemendagri: Kota Palembang Dapat Kendalikan Inflasi, Harga Kebutuhan Masih di Bawah HET

"Itu yang perlu diwaspadai, namun untuk peningkatan kasus belum ada atau masih stabil. Belum ada gelaja-gejala yang muncul," ungkap Iwan di sela pelantikan sejumlah kades di GOR Celikah Kayuagung, Selasa (22/8/2023).

Menurutnya, untuk peningkatan kasus ISPA, mereka menyediakan masker, walaupun tidak ada kasus tetap dilakukan antisipasi.

"Karena kadang-kadang, kita rawan karhutla. Otomatis kita sudah menyiapkan itu untuk mengantisipasi. Soal pencegahannya kita menjaga kondisi tubuh tetap sehat dan bugar," ujarnya.

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Provinsi Jambi, Intip Potensi Kabupaten Kerinci Gabung 3 Calon Provinsi Baru

Kemudian tambahnya, tetap berolahraga dan mengkonsumsi makanan-makanan yang meningkatkan stamina. 

"Untuk di Kabupaten OKI, belum ada tanda-tanda yang menunjukkan bisa mengganggu kesehatan secara banyak. Alam juga bisa mengurai asap-asap yang masih ditolerir," tuturnya.

Masih kata Iwan, kondisi saat ini masih bisa ditolerir oleh alam. Kecuali karhutla seperti tahun 2012 dahulu, sesak nafas karena asap luar biasa. "Sekarang belum menunjukkan ke arah sana, namun kita harus waspada," tutupnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: