Meningkat Signifikan, Angka Konsumsi Ikan di Prabumulih Capai 41,96 Kilo Perkapita

Meningkat Signifikan, Angka Konsumsi Ikan di Prabumulih Capai 41,96 Kilo Perkapita

Kepala Dinas Perikanan Prabumulih, Titing SP--

PRABUMULIH,PALPOS.ID - Kepala Dinas Perikanan (Kadiskan) Prabumulih, Titing SP mengatakan, angka konsumsi ikan (AKI) di Kota Prabumulih mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Titing menuturkan, berdasarkan data terbaru di dinas perikanan konsumsi ikan perkapita di Kota Prabumulih mencapai angka 41,96 kilogram/tahun.

“Jadi berdasarkan data terbaru konsumsi ikan per kapita itu mencapai 41,96 kg/tahun,” ungkapnya.

BACA JUGA:Meriah, Peserta Karnaval Budaya HUT RI ke-78 di Prabumulih Tampilkan Kostum Kreatif

Dijelaskannya, salah satu faktor penyebab meningkatnya angka konsumsi ikan di Kota Prabumulih yakni program bioflok yang dikembangkan di seluruh desa dan kelurahan di Kota Prabumulih yang menjadi salah satu program andalan dinas perikanan prabumulih dalam budidaya ikan.

“Jadi selain dijual, ikan hasil budidaya bioflok tersebut juga dikonsumsi sendiri oleh masyarakat pembudidaya ikan dalam artian mereka juga makan ikan ternak mereka itu,” bebernya.

Selain itu sambung Titing, meningkatnya angka konsumsi ikan tersebut tidak lepas dari gencarnya sosialisasi program Gemari (gemar makan ikan) yang dilakukan dinas perikanan bekerjasama dengan Tim Penggerak PKK serta kelompok wanita tani di Kota Prabumulih.

BACA JUGA:Kajari Prabumulih Ungkap Modus Korupsi E-Warong

“Upaya meningkatkan konsumsi ikan juga dilakukan untuk anak-anak melalui sosialisasi gemar makan ikan, Dinas Perikanan secara rutin menyelenggarakan sosialisasi dan lomba pengolahan ikan bersama Kelompok Wanita Tani (KWT) dan PKK,” ujar Kepala Dinas Perikanan Prabumulih ini.

Ketika ditanya apa yang akan dilakukan pihaknya untuk terus meningkatkan kangka konsumsi ikan di Kota Prabumulih, Titing menegaskan pihaknya akan terus melanjutkan program Bioflok yang telah terbukti berhasil.

Bahkan, dalam tahun ini, Dinas Perikanan Kota Prabumulih berencana menerima bantuan 1 paket bioflok dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), yang diharapkan dapat lebih meningkatkan produksi ikan.

BACA JUGA:11 Kelompok Perikanan Prabumulih Terima Bantuan Ribuan Bibit Ikan

“Dengan adanya upaya berkelanjutan ini, diharapkan konsumsi ikan di kota Prabumulih akan terus meningkat, memberikan dampak positif bagi kesehatan masyarakat serta perkembangan sektor perikanan lokal,” pungkasnya. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: