Jelang Akhir Jabatan Wako, Warga Prabumulih Ramai Perbincangkan Siapa Calon Pj Pengganti Ridho

Jelang Akhir Jabatan Wako, Warga Prabumulih Ramai Perbincangkan Siapa Calon Pj Pengganti Ridho

Ridho-Fikri--

PRABUMULIH,PALPOS.ID - Menjelang berakhirnya jabatan Walikota dan Wakil Walikota Prabumulih, Ir H Ridho Yahya MM dan H Andriansyah Fikri SH pada 18 September 2023 mendatang, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) belum mengumumkan siapa yang akan ditunjuk menjadi Penjabat (Pj) Walikota Prabumulih.

Hal ini menjadi perbincangan hangat dan membuat masyarakat Prabumulih menjadi penasaran, apakah Mendagri akan memilih dari tiga nama yang diusulkan oleh DPRD Kota Prabumulih, atau mempertimbangkan usulan dari Gubernur Sumsel atau bahkan nama lain diluar usulan DPRD Kota Prabumulih dan Gubernur Sumsel tersebut.

“Penasaran bae kami siapo yang bakal ditunjuk oleh Mendagri jadi Pj kito (prabumulih, red) gantikan pak Ridho,” ujar Iwan salah satu warga Kelurahan Sukajadi ketika dibincangi wartawan, Rabu (30/8).

BACA JUGA:Gubernur Sumsel, Tol Indralaya-Prabumulih Efektif Atasi Kemacetan dan Mendorong Arus Ekonomi

Iwan berharap, siapapun yang ditunjuk oleh Mendagri nantinya menjadi Pj Walikota Prabumulih haruslah dapat membuat suhu politik pada pemilu mendatang tetap aman dan tentram.

“Pj juga harus bisa melanjutkan program-program yang sudah berjalan baik selama ini, serta harus bisa membuat suasana menjadi kondusif aman dan nyaman seperti saat ini,” harapnya.

Senada dikatakan Agus, dirinya berharap nama yang bakal ditunjuk mendagri untuk menjadi Pj walikota Prabumulih adalah yang diusulkan DPRD Kota Prabumulih.

BACA JUGA:Horee! 30 Agustus 2023 Tol Indralaya - Prabumulih Dioperasikan Tanpa Tarif (Gratis)

“Sampai sekarang kami dak tahu siapo yang bakal ditunjuk, tapi harapan kami wong yang tahu prabumulih seperti yang diusulkan DPRD Prabumulih,” ucapnya.

Sementara, Wakil ketua I DPRD Kota Prabumulih, H Ahmad Palo SE menuturkan bahwa pihaknya tengah menantikan keputusan dari Kementerian terkait penunjukan Pejabat Jelang (PJ) Wali Kota Prabumulih.

"Kita masih menantikan pengumuman nama PJ Wali Kota Prabumulih dari Kementerian. Kita berharap bahwa pada tanggal 19 September, setelah berakhirnya masa jabatan Wali Kota, pemerintah pusat sudah menetapkan PJ agar tidak ada kekosongan penjabat Wali Kota," ujar Ahmad Palo.

BACA JUGA:Langkah Preventif, Ratusan Napi Rutan Prabumulih Dites Urine Mendadak

Jika sampai tanggal 18 September belum ada penunjukan Pj sambung Palo, menurut aturan yang berlaku, maka akan ada Pelaksana Harian (Plh) Wali Kota Prabumulih yang ditunjuk untuk mengisi posisi tersebut.

Meskipun begitu, Palo mengakui bahwa Plh memiliki keterbatasan dalam pengambilan keputusan.

"Kita menyadari bahwa Plh Wali Kota memiliki keterbatasan dalam mengambil keputusan-keputusan penting. Namun, kami berharap agar pada tanggal 19 September, Prabumulih sudah memiliki PJ Wali Kota yang akan diumumkan oleh pemerintah," terangnya.

BACA JUGA:Krisis Air Baku, PDAM Tirta Prabujaya Imbau Pelanggan Tak Gunakan Pompa

Palo, yang juga merupakan politisi dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP), menyatakan bahwa hingga saat ini belum ada informasi mengenai nama calon PJ Wali Kota Prabumulih.

Tidak ada upaya khusus yang dilakukan untuk mendapatkan informasi tersebut dari Kementerian, dan pihaknya saat ini hanya bisa menunggu keputusan resmi.

Untuk diketahui, masa jabatan Walikota dan Wakil Walikota Prabumulih, H Ridho Yahya dan H Andriansyah Fikri akan berakhir pada 18 September 2023 mendatang.

BACA JUGA:Per Juli 2023, PAD Kota Prabumulih Over Target Capai Rp22.8 Miliar

Terkait akan berakhirnya masa jabatan tersebut, DPRD Kota Prabumulih sebelumnya telah mengusulkan tiga nama calon PJ Wali Kota kepada Kementerian Dalam Negeri, yakni H Elman ST (Sekda Kota Prabumulih), Indra Bangsawan SH MM (Inspektur Kota Prabumulih), dan Amirudin (Kepala Dinas Koperasi Sumsel). *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: