Profil dan Potensi Mendunia Banyumas, sebagai Cikal Bakal Provinsi Jasela Pemekaran Jawa Tengah

Profil dan Potensi Mendunia Banyumas, sebagai Cikal Bakal Provinsi Jasela Pemekaran Jawa Tengah

Kabupaten Banyumas Berencana Pemekaran Wilayah: Tinjauan Mendalam Terkait Otonomi Baru di Jawa Tengah.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

3.Sebelah Barat: Berbatasan dengan Kabupaten Cilacap dan Kabupaten Brebes.

4.Sebelah Timur: Dikelilingi oleh Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Kebumen, dan Kabupaten Banjarnegara.

BACA JUGA:Eksotisme Pulau Nusakambangan, Surga Dunia Tersembunyi Calon Provinsi Jasela, Berikut 5 Fakta Unik!

Luas wilayah Kabupaten Banyumas mencapai sekitar 1.327,60 kilometer persegi atau setara dengan 132.759,56 hektar. 

Wilayah ini mencakup beragam struktur, mulai dari daratan hingga pegunungan. 

Sebagian wilayahnya terdiri dari lembah Sungai Serayu yang cocok untuk pertanian, sementara sebagian lainnya adalah dataran tinggi yang digunakan untuk pemukiman dan pekarangan. 

Terdapat juga pegunungan yang ideal untuk perkebunan dan hutan tropis yang berada di lereng Gunung Slamet di sebelah selatan.

Kabupaten Banyumas terkenal karena Gunung Slamet yang menjulang tinggi dan keindahan Sungai Serayu yang memikat  pengunjung. 

Kabupaten ini berperan sebagai simpul penting dalam hubungan ekonomi antara wilayah Jawa dan Sunda, yang sering disebut sebagai Serambi Dunia Jawa. 

Selain pesonanya yang alami, Kabupaten Banyumas juga menawarkan berbagai potensi investasi di berbagai sektor, seperti pertanian, energi, pariwisata, UMKM, dan ekonomi kreatif. 

Investasi di Kabupaten Banyumas didukung oleh kondisi investasi yang kondusif, sumber daya yang melimpah, tenaga kerja yang kompetitif, dan infrastruktur pendukung yang memadai. 

Diulas sebelumnya, rencana pemekaran wilayah yang melibatkan Provinsi Jawa Tengah dan berujung pada pembentukan Provinsi Jawa Selatan, yang dikenal sebagai Jasela, kini tengah menjadi perbincangan hangat di masyarakat. 

Menariknya, Jawa Tengah sendiri menempati posisi sebagai provinsi terbesar ketiga di Pulau Jawa, membentang di atas lahan seluas 34.337,48 kilometer persegi. 

Jumlah penduduk Jawa Tengah pada tahun 2022 mencapai 37 juta jiwa, tersebar di antara 29 kabupaten dan 6 kota yang ada.

Usulan mengenai calon Provinsi Jasela muncul melalui pandangan Wakil Ketua Komite I Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Abdul Kholik, dalam acara Focus Group Discussion (FGD) yang diadakan di Gedung Rektorat Universitas Muhammadiyah Purwokerto pada tanggal 29 Maret 2022. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: