Profil dan Potensi Mendunia Banyumas, sebagai Cikal Bakal Provinsi Jasela Pemekaran Jawa Tengah

Profil dan Potensi Mendunia Banyumas, sebagai Cikal Bakal Provinsi Jasela Pemekaran Jawa Tengah

Kabupaten Banyumas Berencana Pemekaran Wilayah: Tinjauan Mendalam Terkait Otonomi Baru di Jawa Tengah.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

Berdasarkan rencana tersebut, Provinsi Jasela akan membentuk wilayah administratif di bagian selatan Jawa Tengah. 

Wilayah ini juga akan mencakup beberapa kabupaten yang masuk dalam Karesidenan Banyumas, yaitu Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Banyumas, Kabupaten Cilacap, dan Kabupaten Purwokerto.

Usulan pemekaran ini juga sejalan dengan pengembangan tiga poros ekonomi di Jawa Tengah, yaitu poros utara dengan pusat ekonomi di Semarang, poros timur dengan pusat ekonomi di Solo Raya, serta poros selatan dengan pusat ekonomi di Banyumas Raya atau Purwokerto. 

Pemekaran ini memiliki tujuan yang jelas, seperti mengembangkan potensi daerah, meratakan hasil pembangunan, memberikan pelayanan yang lebih dekat dengan masyarakat, dan meningkatkan kesejahteraan penduduk. 

Selain itu, dari perspektif pemerintahan, pemekaran juga dianggap dapat meningkatkan efektivitas karena memungkinkan pengelolaan wilayah yang lebih terfokus dan terdekat.

Dalam konteks pemekaran ini, terdapat potensi yang menarik dari 1 kota dan 4 kabupaten yang akan menjadi bagian dari Provinsi Jasela:

1. Kota Purwokerto 

Kota ini merupakan ibu kota Kabupaten Banyumas dan dikenal dengan sebutan kota pelajar, kota satria, kota mendoan, dan juga sebagai tempat para pensiunan. 

Salah satu makanan khas yang terkenal dari daerah ini adalah mendoan, yang merupakan tempe goreng setengah matang.

2. Kabupaten Banyumas 

Kabupaten ini memiliki luas wilayah sekitar 1.329,02 kilometer persegi dan meliputi 27 kecamatan serta 331 desa. 

Perekonomian Banyumas ditopang oleh berbagai sektor seperti pertanian, industri menengah, industri kecil / UKM, dan pariwisata.

3. Kabupaten Purbalingga 

Kabupaten Purbalingga terkenal karena sentra perajin bulu mata palsu, wig, dan pembuatan manekin. Wilayah ini memiliki luas sekitar 7.777,64 kilometer persegi dengan 18 kecamatan dan 239 desa.

4. Kabupaten Banjarnegara 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: