Kenali Nutrisi dan Manfaat Jantung Pisang, Mulai Sebagai Pencegah Kerutan Wajah Hingga Mencegah Kangker

Kenali Nutrisi dan Manfaat Jantung Pisang, Mulai Sebagai Pencegah Kerutan Wajah Hingga Mencegah Kangker

Emang Bisa Jantung Pisang Mengatasi Penuaan Dini? Baca Caranya di Sini.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

LUBUKLINGGAU, PALPOS.ID - Jantung pisang merupakan  bagian ujung dari bunga yang tidak menjadi buah.

Sesuai namanya, jantung pisang bentuknya seperti jantung, dengan kulit luar berwarna merah hati dan kulit bagian dalam putih kekuningan.

Ukuran jantung pisang juga beragam sesuai dengan pohon dan jenis pisangnya juga. Tetapi secara umum, hampir semua orang mengenal yang namanya jantung pi ygsang.

BACA JUGA:Selain Obat Panas Dalam, Ini 16 Manfaat Lainnya Biji Selasih Untuk Kesehatan

Meski sudah tidak asing dengan namanya jantung pisang, namun tidak semua orang yang mengenal dan tahu nutrisi apa saja yang terdapat dalam jantung pisang.

Mau tahu kan nutrisi pada jantung pisang. Yuk terus baca sampai tuntas ya.

Berdasarkan sejumlah referensi yang dikumpulkan palpos.id seperti yang telah banyak dilansir oleh platform media online, beragam nutrisi yang terkandung dalam jantung pisang diantaranya,  kalium, vitamin A, vitamin C, vitamin E, mineral, asam lemak, asam amino esensial dan non esensial yang diperlukan oleh tubuh.

BACA JUGA:11 Manfaat Buah Kersen Bagi Kesehatan

Bukan hanya itu, jantung pisang juga ternyata mengandung banyak antioksidan, seperti polifenol, flavonoid, dan antosianin, terutama di bagian bunganya.

Beragam nutrisi tersebut, membuat jantung pisang menjadi kaya manfaat untuk kesehatan. Diantara manfaat jantung pisang tersebut adalah :

1. Mencegah penuaan dini

BACA JUGA:Kenali Nutrisi Kubis dan Manfaatnya untuk Kesehatan, Nomor 13 Tidak Banyak yang Tahu

Kandungan vitamin E yang tinggi pada jantung pisang memberikan manfaat baik untuk kesehatan kulit.

Karena vitamin E terbukti mampu mengurangi kerusakan sel-sel tubuh yang sehat akibat radikal bebas dan memperlambat proses penuaan sel, serta mengurangi kerutan pada wajah.

Selain mencegah tanda-tanda penuaan dini, vitamin E juga dapat membantu menjaga daya tahan tubuh terhadap infeksi virus dan bakteri.

BACA JUGA:Ternyata Buah Semangka Bisa Buat Pria Tambah Joss

2. Mengatasi masalah menstruasi

Wanita yang sering mengalami masalah menstuasi juga bisa mendapatkan manfaat dari jantung pisang.

Rutin mengonsumsi jantung pisang diketahui bisa menurunkan kadar prostaglandin yang bisa mengurangi nyeri dan pendarahan berlebih saat menstruasi atau menorrhagia.

BACA JUGA:Ternyata Buah Semangka Bisa Buat Pria Tambah Joss

Tidak hanya itu, jantung pisang juga diduga bermanfaat untuk menjaga berat badan ideal, memelihara kesehatan mata, dan mencegah penyakit jantung. Meski begitu, beberapa manfaat jantung pisang tersebut masih perlu diteliti lebih lanjut.

3. Mengontrol kadar gula darah

Jantung pisang adalah salah satu jenis makanan yang memiliki indeks glikemik yang rendah, sehingga tidak akan meningkatkan gula darah secara drastis ketika dimakan.

BACA JUGA:Ini 6 Manfaat Jamur Yarsagumba, Viagra Dari Himalaya

Selain itu, jantung pisang juga sangat kaya akan serat sehingga dapat memperlambat penyerapan gula di usus.

Kandungan serat ini juga diduga dapat meningkatkan kerja hormon insulin, menurunkan kadar kolesterol, dan menurunkan berat badan pasien diabetes tipe 2 yang mengalami kelebihan berat badan.

4. Melancarkan pencernaan

BACA JUGA:Sering Ngantuk dan Menguap Saat Beraktifitas? Ini Penyebabnya

Jantung pisang mengandung serat tidak larut air. Jenis serat ini diketahui sangat baik untuk kesehatan sistem pencernaan.

Serat ini juga dapat menghindarkan kamu dari berbagai masalah pencernaan, seperti sembelit, maag, wasir, dan radang usus.

5. Mencegah penyakit kanker

BACA JUGA:SGM Eksplor Gelar Festival Anak Generasi Maju di Kota Palembang, Ini Tujuannya...

Antioksidan dalam jantung pisang berperan penting untuk melindungi sel-sel tubuh dari efek buruk radikal bebas.

Paparan radikal bebas yang berlebihan dalam jangka panjang bisa meningkatkan berbagai risiko penyakit kronis, termasuk kanker.

BACA JUGA:Mitos dan Fakta tentang Daging Kambing

Jantung pisang juga diketahui memiliki efek antiperadangan dan antitumor sehingga dapat menurunkan risiko tumor tumbuh dan menyebar.

Manfaat jantung pisang ini pernah dibuktikan pada penelitian tentang tumor prostat jinak (BPH), tetapi masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikannya.

Nah itulah manfaat jantung pisang. Setelah kamu mengenal manfaat jantung pisang boleh dong sesekali jantung pisang diolah menjadi masakan yang lezat dan bermanfaat untuk tu.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: