Pemekaran Wilayah Provinsi Jawa Tengah, Keunikan Budaya dan Kuliner Menggoda Provinsi Daerah Istimewa Surakart

Pemekaran Wilayah Provinsi Jawa Tengah, Keunikan Budaya dan Kuliner Menggoda Provinsi Daerah Istimewa Surakart

Pemekaran Wilayah Provinsi Jawa Tengah, Keunikan Budaya dan Kuliner Menggoda Calon Provinsi Daerah Istimewa Surakarta.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

Pusat oleh-oleh Abon Mesran, yang terletak di Jalan Kalilarangan, Kota Surakarta, juga menawarkan berbagai oleh-oleh khas Solo. Toko ini diambil nama dari pemiliknya, Mesran Mistopawiro, yang mendirikan usaha ini bersama istrinya, Wagiyem, pada tahun 1987. Produk andalan dari toko ini adalah Abon Mesran dan serundeng. Pusat oleh-oleh ini buka dari pukul 08.00 hingga 21.00 WIB.

4. Pasar Gedhe Solo: Pasar Tertua dengan Hidangan Lezat

Pasar Gedhe Solo adalah pasar tertua di Kota Solo, yang menawarkan berbagai makanan khas tradisional yang cocok sebagai oleh-oleh khas Kota Solo. Di sini, Anda dapat menikmati makanan khas Solo seperti dawet telasih, lenjongan, hingga onde-onde. Onde-onde ini adalah camilan yang populer dengan tekstur kering dan manis yang pas, cocok untuk dibawa sebagai oleh-oleh.

5. Pusat Oleh-oleh Makutho Solo: Camilan Tradisional dan Snack Modern

Pusat Oleh-oleh Makutho Solo dibuka pada awal tahun 2018 dan terletak di Jalan Dr. Radjiman, Kecamatan Laweyan, Kota Solo. Di sini, pengunjung dapat menemukan beragam camilan tradisional khas Solo serta makanan ringan modern yang sedang populer. Dari intip goreng, keripik paru, keripik ceker, hingga wedang uwuh, semuanya bisa Anda temukan di sini.

6. Pusat oleh-oleh Rambak Kulit Sapi: Kelezatan Kulit Sapi Khas Solo

Pusat oleh-oleh Rambak Kulit Sapi khas Kota Surakarta terletak di Rambak Petis Pak Dul Solo di Jalan Kali Kuantan, Kelurahan Jagalan, Kecamatan Jebres, Kota Surakarta. Meskipun rambak kulit sapi dapat ditemukan di berbagai kota di Indonesia, rambak kulit sapi khas Solo memiliki rasa gurih yang sangat istimewa. Ini adalah oleh-oleh yang wajib dikunjungi dan dibeli saat Anda berada di Solo.

BACA JUGA:3 Mall Mewah di Kota Salatiga Provinsi Jawa Tengah, Ada Fasilitas Hiburan Dan Sering Gelar Diskon

BACA JUGA:Ini Profil Kota Salatiga Provinsi Jawa Tengah Usul Pemekaran Namun Caplok Wilayah Kabupaten Semarang

7. Pusat Oleh-oleh Pasar Jongke: Tempat Favorit dengan Beragam Pilihan

Terakhir, ada Pusat Oleh-oleh Pasar Jongke, yang merupakan salah satu tempat favorit di Solo dengan berbagai macam toko dan outlet di dalamnya. Didirikan pada tahun 1992 di Jalan Dr. Radjiman, Kecamatan Laweyan, Kota Surakarta, pasar ini menyediakan beragam camilan seperti mete, abon, ceker, belut, dan lain-lain. 

Terdapat beberapa toko oleh-oleh yang menjual berbagai makanan, termasuk Intip Goreng yang menjadi favorit di toko Bu Jono. Intip goreng adalah camilan yang terbuat dari nasi yang dikeringkan dan digoreng. Harga oleh-oleh khas Solo di sini bervariasi, sehingga cocok untuk berbagai anggaran.

Jadi, jika Anda berencana mengunjungi Kota Solo, jangan lupa untuk mampir ke salah satu atau beberapa dari tujuh pusat belanja oleh-oleh khas Solo ini. 

Selain mendapatkan oleh-oleh yang lezat, Anda juga akan merasakan kekayaan budaya dan kuliner yang membuat Solo begitu istimewa. Selamat berbelanja dan menikmati keunikan Kota Solo!.

BACA JUGA:Usul Pemekaran Daerah Kota Salatiga Provinsi Jawa Tengah Namun Caplok Wilayah Kabupaten Semarang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: