Pemekaran Wilayah Provinsi Jawa Barat, Kabupaten Jampang Pemekaran Kabupaten Sukabumi yang Dinanti

Pemekaran Wilayah Provinsi Jawa Barat, Kabupaten Jampang Pemekaran Kabupaten Sukabumi yang Dinanti

Pemekaran Wilayah Provinsi Jawa Barat, Kabupaten Jampang Pemekaran Kabupaten Sukabumi yang Dinanti.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

SUKABUMI, PALPOS.ID - Pemekaran Wilayah Provinsi Jawa Barat, Kabupaten Jampang Pemekaran Kabupaten Sukabumi yang Dinanti.

Pemekaran daerah otonomi di Indonesia menjadi salah satu upaya untuk lebih mendekatkan pelayanan pemerintahan kepada masyarakat yang tersebar di wilayah yang luas. 

Kabupaten Jampang, yang saat ini masih dalam tahap perencanaan dan proses pemekaran, adalah salah satu contoh terbaru dari inisiatif tersebut. Kabupaten ini diharapkan akan menjadi kenyataan dalam waktu dekat, dengan 18 kecamatan yang siap bergabung untuk membentuk entitas pemerintahan baru ini.

Pemekaran Kabupaten Jampang adalah bagian dari usaha pemekaran dari Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat. Kabupaten Sukabumi sendiri adalah salah satu kabupaten terbesar di Jawa Barat dengan luas wilayah yang signifikan dan jumlah penduduk yang cukup besar. 

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Provinsi Jawa Barat, Kabupaten Sukabumi Usul Bentuk 2 Kabupaten Baru, Ini Progresnya...

BACA JUGA:UPDATE TERBARU! Pemekaran Wilayah Provinsi Jawa Barat Usul Bentuk 3 Kota dan 14 Kabupaten Daerah Otonomi Baru

Oleh karena itu, pemekaran Kabupaten Jampang diharapkan akan membantu lebih mendekatkan pelayanan pemerintah kepada masyarakat yang tinggal di wilayah-wilayah yang lebih terpencil.

Kecamatan-kecamatan yang berpartisipasi dalam pemekaran ini meliputi Jampang Tengah, Nyalindung, Sagaranten, Curugkembar, Ciracap, Ciemas, Surade, Cibitung, Jampang Kulon, Waluran, Tegal Buleud, Kali Bunder, Cimanggu, Pabuaran, Lengkong, Cidadap, Purabaya, dan Cidolog. Dengan keikutsertaan 18 kecamatan ini, Kabupaten Jampang diharapkan akan memiliki sumber daya manusia, ekonomi, dan potensi pembangunan yang kuat.

Menurut Ketua Formatur Pemekaran Jampang, Dede Haryadi, 18 kecamatan yang berpartisipasi dalam pemekaran ini sangat bersemangat untuk mewujudkan Kabupaten Jampang. Proses pemekaran akan mengikuti ketentuan-ketentuan yang berlaku dalam peraturan pemerintah. 

"Kami kedepannya akan melakukan beberapa langkah untuk memproses ini dengan ketentuan-ketentuan yang berlaku. Teman-teman wilayah pajampangan dari 18 Kecamatan ingin mewujudkan Kabupaten Jampang," ujar Dede Haryadi.

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Provinsi Jawa Barat, Kabupaten Bekasi Usul Kabupaten Bekasi Utara atau Kota Cikarang

BACA JUGA:Ini Batas Wilayah Kabupaten Cirebon Calon Ibukota Provinsi Cirebon Pemekaran Provinsi Jawa Barat

Anggota DPRD Dapil V, Asep Suherman, juga memberikan pandangannya tentang pemekaran Kabupaten Jampang ini. Menurutnya, gagasan untuk pemekaran ini telah ada sejak tahun 1999, dan saat itu sudah ada Forum Masyarakat Pajampangan (Formusja) yang memperjuangkan hal ini. 

Sekarang, dengan bantuan Forum Koordinasi Pemekaran Daerah (Forkoda), inisiatif pemekaran Kabupaten Jampang kembali digiatkan oleh 18 kecamatan yang mendukungnya. Semua pihak hadir untuk memberikan dukungan agar Kabupaten Jampang dapat segera terwujud.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: