Pemekaran Wilayah Provinsi Jawa Barat, Kabupaten Sukabumi Usul Bentuk 2 Kabupaten Baru, Ini Progresnya...

Pemekaran Wilayah Provinsi Jawa Barat, Kabupaten Sukabumi Usul Bentuk 2 Kabupaten Baru, Ini Progresnya...

Pemekaran Kabupaten Sukabumi di Jawa Barat: Urgensi dan Alasan Pembentukan Otonomi Baru Kabupaten Jampang.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

SUKABUMI, PALPOS.ID - Pemekaran wilayah Provinsi Jawa Barat, Kabupaten Sukabumi usul bentuk 2 Kabupaten Baru, Ini Progresnya.

Sebagaimana diketahui, menyambut pemekaran wilayah di Provinsi Jawa Barat atau Provinsi Jabar, Kabupaten Sukabumi mengusulkan pembentukan dua kabupaten baru. 

Meskipun moratorium DOB Belum dicabut Pemerintah Pusat, Kabupaten Sukabumi merasa sudah sangat layak untuk dipisah menjadi dua kabupaten terpisah. 

Ini terutama disebabkan oleh luas wilayah Kabupaten Sukabumi mencapai 4.14 ribu kilometer persegi dan jumlah penduduk Kabupaten Sukabumi mencapai lebih dari 2.73 juta jiwa.

BACA JUGA:UPDATE TERBARU! Pemekaran Wilayah Provinsi Jawa Barat Usul Bentuk 3 Kota dan 14 Kabupaten Daerah Otonomi Baru

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Provinsi Jawa Barat, Kabupaten Bekasi Usul Kabupaten Bekasi Utara atau Kota Cikarang

Bahkan, jumlah penduduk itu sebanding dengan jumlah pemilih di daerah pemilihan DPR RI Dapil Sumsel 1 pada Pemilu 2019 yang lalu. Dalam Dapil tersebut terdapat enam kabupaten/kota di Provinsi Sumatera Selatan.

Adapun untuk usulan pembentukan dua kabupaten DOB pemekaran Kabupaten Sukabumi Provinsi Jabar itu adalah:

1. Kabupaten Sukabumi Utara

Pembentukan Kabupaten Sukabumi Utara adalah pemekaran dari Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat. Hingga saat ini, 21 kecamatan telah menyatakan kesiapannya untuk bergabung dengan Kabupaten Sukabumi Utara. 

Daftar kecamatan yang bersedia bergabung meliputi Kabandungan, Cicurug, Cidahu, Parakan Salak, Caringin, Kalapa Nunggal, Bojong Genteng, Parung Kuda, Ciambar, Nagrak, Cibadag, Geger Bitung, Kebonpedes, Cireunghas, Sukalarang, Sukabumi, Sukaraja, Kadudampit, Cisaat, Gunungguruh, dan Civatayan. Ibu kota Kabupaten Sukabumi Utara rencananya berlokasi di Kecamatan Cibadak.

BACA JUGA:Ini Batas Wilayah Kabupaten Cirebon Calon Ibukota Provinsi Cirebon Pemekaran Provinsi Jawa Barat

BACA JUGA:2 Alasan Usul Calon Provinsi Cirebon Pemekaran Provinsi Jawa Barat, Ternyata...

2. Kabupaten Jampang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: