Bunga Krisan Si Cantik Yang Menjaga Kesehatan Kulit dan Bikin Awet Muda

Bunga Krisan Si Cantik Yang Menjaga Kesehatan  Kulit dan Bikin Awet Muda

Bunga Krisan si Cantik Yang Menjaga Kesehatan kulit dan Membuat Awet Muda. -Tangkpan layar media online-

LUBUKLINGGAU, PALPOS.ID -Bunga Krisan (Chrysanthemum) disebut juga Seruni, atau Teluki, merupakan tanaman yang biasa ditanam di halaman rumah sebagai bunga hias.

Bunga Krisan termasuk suku kenikir-kenikiran atau Asteraceae, yang memiliki beragam warna bunga. Warna Bunga Krisan ada yang merah, unggu, kuning, putih dan lainnya.

Bunga Krisan berasal dari Asia Timur dan dominan tumbuh di dataran China. Warna cerah dan aroma wangi yang dimiliki kelopak Bunga Krisan, membuatnya tidak hanya indah dipandang, tetapi juga memberikan banyak manfaat untuk kesehatan.

BACA JUGA:Seletup Si Ciplukan Yang Meningkatkan Kesehatan Otak

Untuk mendapatkan manfaat bunga Krisan, kamu bisa mengolahnya menjadi minuman teh.  Namun Krisan juga biasa diolah menjadi bahan suplamen kesehatan.

Suplamen kesehatan yang mengandung bunga Krisan ini sudah banyak beredar di pasaran.

Bukan hanya bunga, daun Krisan juga dapat dikonsumsi sebagai sayuran dan aneka hidangan yang menyehatkan.

Dikutip dari sejumlah sumber seperti yang telah dilansir dari platform media online, daun dan bunga Krisan mengandung beragam nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti protein, kalsium, magnesium, zat besi, kalium folat.

BACA JUGA:Keajaiban Buah Berry untuk Kesehatan Tubuh Anda

Bunga Krisan juga mengandung vitamin A, vitamin B, vitamin C, juga vitamin K. Selain itu bunga krisan juga mengandung antioksidan seperti polifenol, flavonoid, lutein dan zeaxanthine.

Bukan hanya itu, dalam beberapa penelitian bunga Krisan juga mengandung senyawa-senyawa yang memiliki sifat antibakteri, antijamur, dan antiradang.

Dibeberapa negara seperti Tiongkok, Korea dan Jepang,  bunga Krisan sudah lama dimanfaatkan sebagai pengobatan herbal untuk mengatasi berbagai penyakit.

BACA JUGA:Yok!!! Mengenal Manfaat Si Terong Pipit Untuk Kesehatan

Hal itu berkat kandungan  nutrisi dan zat lainnya yang terdapat pada bunga Krisan. Beberapa manfaat bunga Krisan diantaranya :

 1. Memelihara kesehatan jantung dan menjaga tekanan darah

Bunga Krisan
banyak mengandung kalium dan antioksidan yang diketahui baik untuk kesehatan jantung dan menjaga tekanan darah tetap stabil.

BACA JUGA:Rahasia Kesehatan Abadi di Desa Mangli Magelang Jawa Tengah, Surga Warga Panjang Umur, Apa Rahasianya?

Hal itu telah dibuktikan dari berbagai penelitian yang
menunjukkan bahwa bunga Krisan dapat menurunkan tekanan darah, mencegah terjadinya hipertensi, serta melancarkan aliran darah di jantung dan seluruh tubuh.

2. Menenangkan pikiran dan mengurangi stres

Teh bunga krisan memiliki aroma yang lembut dan unik. Tak hanya wangi dan nikmat, Krisan juga ternyata mengandung senyawa yang dapat memberikan efek relaksasi dan menenangkan pikiran.

Efek ini menjadikan bunga Krisan dapat direkomendasikan  sebagai obat herbal untuk mengurangi stres.

3. Meredakan demam

Salah satu khasiat bunga Krisan yang telah digunakan sejak lama dalam pengobatan tradisional Tiongkok adalah untuk menurunkan demam.

Manfaat ini didapat dari kandungan antioksidan, antibakteri, dan antiradang yang terdapat pada tanaman Krisan  tersebut.

4. Meringankan sakit tenggorokan

Sakit tenggorokan umumnya terjadi ketika tenggorokan mengalami peradangan akibat infeksi virus atau bakteri.

Namun, reaksi iritasi terhadap polusi atau zat kimia tertentu terkadang juga bisa memicu terjadinya radang tenggorokan.

Untuk meringankan keluhan tersebut, kamu bisa mengonsumsi teh bunga Krisan.

Manfaat ini berkat kandungan antibakteri dan antiradang pada bunga Krisan yang  membantu  meredakan infeksi dan mengurangi peradangan di dalam tubuh.

5. Mengobati osteoporosis

Kandungan kalsium,  beragam antioksidan, seperti senyawa fenolik dan flavonoid, dapat membantu mengatasi masalah osteoporosis, yakni dimana kondisi berkurangnya kepadatan tulang yang mengakibatkan tulang mudah keropos atau patah.

Kondisi ini lebih sering terjadi pada lansia, khususnya yang kurang mendapatkan asupan kalsium.

Untuk mencegah terjadinya masalah tulang tersebut, kamu bisa mengonsumsi teh bunga Krisan secara teratur, atau juga daun bunga Krisan sebagai sayuran ataupun lalapan.

6. Mengontrol gula darah

Kadar gula darah tinggi dalam tubuh bisa membuat kinerja hormon insulin terganggu. Kondisi yang disebut resistensi insulin ini bisa menyebabkan terjadinya penyakit diabetes.

Untuk mencegah semua itu terjadi,  kami perlu mengontrol kadar gula darah dengan rutin berolahraga dan membatasi asupan gula.

Selain itu, kamu juga bisa manfaatkan  teh bunga Krisan sebagai obat herbal untuk menjaga kadar gula darah.

Karena sejumlah penelitian telah membuktikan bahwa teh bunga Krisan dapat mengurangi gula darah dan menjaganya agar tetap terkontrol, sehingga baik untuk mencegah diabetes.

7. Menjaga kesehatan kulit

Kandungan antiradang dan antidioksidan yang tinggi pada bunga Krisan membuat bunga cantik ini juga bermanfaat untuk kecantikan dan menjaga kesehatan kulit.

Selain mencegah dehidrasi yang dapat membuat kulit kering, bunga Krisan yang dikonsumsi sebagai teh juga bisa mengurangi peradangan pada kulit, mencegah terbentuknya flek hitam akibat paparan sinar matahari, serta menghambat penuaan dini.

8. Menjaga imun tubuh

Kandungan nutrisi dan vitamin pada bunga Krisan juga dapat membantu menjaga sistem daya tahan tubuh atau imun tubuh.

Untuk mendapatkan beragam manfaat kesehatan bunga Krisan, kami bisa mengonsumsi teh bunga Krisan 2-3 kali sehari.  Selain mengonsumsi bunga sebagai teh kami juga bisa mendapatkan manfaat serupa dari mengonsumsi daun Krisan baik sebagai lalapan atau diolah sebagai sayuran.

Nah, setelah mengetahui manfaat bunga Krisan, tidak ada salahnya halaman rumah mu dimanfaatkan untuk menanam bunga yang cantik dipandang dan dipetik manfaatnya untuk kesehatan kamu sekeluarga.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: