Tinjau Puskesmas Celikah, BKKBN Sumsel Ingatkan Keluarga untuk Merencanakan Kehamilan dan Kelahiran

Tinjau Puskesmas Celikah, BKKBN Sumsel Ingatkan Keluarga untuk Merencanakan Kehamilan dan Kelahiran

Kepala Perwakilan BKKBN Sumsel, Mediheryanto saat melakukan peninjauan di Puskemas Celikah, Kabupaten OKI, Jum'at (29/9/2023).-Foto : Diansyah/Palpos-

KAYUAGUNG, PALPOS.ID - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sumatera Selatan (Sumsel) meninjau Puskesmas Celikah, Kecamatan Kayuagung, Kabupaten OKI, Jum'at (29/9/2023).

Kepala Perwakilan BKKBN Sumsel, Mediheryanto mengatakan, peninjauan tersebut dalam rangka memperingati Hari Kontrasepsi Sedunia dan ingin melihat pelaksanaan pelayanan di Puskesmas Celikah.

"Harapannya, kita bermaksud mengingatkan kembali, menggugah dan meningkatkan kesadaran dari semua keluarga. Supaya mereka merencanakan kehamilan dan kelahirannya sehingga tidak terjadi kehamilan yang tidak diinginkan," ungkapnya.

BACA JUGA:Bupati OKI Apresiasi Marga Danau Mampu Jaga Tradisi

Ia menambahkan, Puskesmas Celikah ini bukan hanya pelayanan yang dilakukan di Puskesmas saja. Melainkan ada wilayah kerja, berapa Pustu dan berapa bidan yang ada di masing-masing desa.

"Kita ingin melihat kira-kira jalan tidak pelayanannya. Karena konsepnya semua faskes melakukan pelayanan kontrasepsi. Alhamdulillah, di Puskesmas Celikah dari puskes sampai bidan desa sudah melaksanakan pelayanan KB, dalam rangka peringatan Hari Kontrasepsi Sedunia ini," ujarnya.

Dikatakannya lagi, terbukti hari ini mereka melihat, yang datang ke Puskesmas Celikah ada dua pasangan usia subur yang mau dilayani IUD atau KB Spiral.

BACA JUGA:Iskandar SE Ajak Masyarakat Jadikan Marga Danau Tempat Selingku

"Tadi kita melihat ada pelayanan implan. Sebetulnya banyak yang sudah datang ke bidan-bidan desanya butuh pelayanan. Tapi tidak mungkin dibawa ke Puskesmas apalagi daerahnya jauh, itu cukup dilayani di Pustu atau di bidan desa," tuturnya.

Sementara, Pimpinan Puskesmas Celikah, Susmiyati SKM MKes mengemukakan, di Hari Kontrasepsi Sedunia ini, seluruh layanan kesehatan melaksanakan kegiatan pelayanan KB secara serentak.

"Jadi hari ini, pelaksanaannya itu di Puskesmas. Kemudian dilanjutkan ke Poskesdes dan Pustu di bidan desa. Terkait KB, kita Imbau masyarakat jangan takut ber-KB," imbuhnya.

BACA JUGA:Lantik 7 Kepala Desa, Bupati OKI Sampaikan Tugas Berat Sudah Menanti

Masih kata Susmiyati, mereka berharap Ibu-Ibu dapat melakukan pelayanan KB karena sangat baik. Dimana Puskesmas Celikah melayani Pemasangan KB, KB Kontrasepi, pil, Implan, IUD, vasektomi dan tubektomi.

"Untuk Pil dan Suntikan, disini masih  tinggi. Karena berangsur-angsur ibu-ibu atau masyarakat ini untuk melaksanakan pelayanan KB. Karena melihat, mungkin rasa ketakutan," jelasnya.

Tapi sebenarnya lanjut Susmiyati,  yang sangat baik adalah pemasangan Implan lantaran jangka panjang. Sedangkan pil sama suntik,  Ibu-ibu nanti bisa lupa memakan pil dan suntik lewat.

BACA JUGA:Puluhan Ribu Konten Judi Online Dihapus, Begini Pengawasan Polres OKI

"Itukan menjadi kendala juga. Kalau tidak memakai pil nanti terjadi kehamilan. Tapi IUD itu jangka panjang, mungkin bisa 5 tahun. Tinggal kalau ada keluhan, dia kontrol ke Puskesmas saja," tutupnya. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: