Horee! Atlet Prabumulih Peraih Medali Diajang Porprov Lahat Bakal Dapat Reward

Horee! Atlet Prabumulih Peraih Medali Diajang Porprov Lahat Bakal Dapat Reward

Horee! Atlet Prabumulih Peraih Medali Diajang Porprov Lahat Bakal Dapat Reward--

PRABUMULIH,PALPOS.ID - Sejumlah atlet yang berhasil mengharumkan nama Kota Prabumulih alias berhasil meraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi Sumatera Selatan ke XIV di Kabupaten Lahat beberapa waktu lalu, dapat tersenyum bahagia.

Pasalnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Prabumulih akan memberikan penghargaan (reward) berupa uang pembinaan. Hal ini diungkapkan oleh Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kota Prabumulih, Joko Firdaus SPd, saat dikonfirmasi melalui telepon WhatsApp, Selasa (03/10).

Namun, kata Joko, reward tersebut baru akan diberikan pada tahun anggaran 2024 mendatang.

BACA JUGA:Deni Victoria SH MSi: Program 'Jumat Berkah Berbagi' dan Bantuan Air Bersih Bukan Sekadar Kampanye

"Kita akan memberikan reward bagi atlet-atlet yang telah mengharumkan nama Kota Prabumulih di ajang Porprov di Kabupaten Lahat yang lalu, tapi pemberian reward baru akan diberikan tahun 2024 karena anggarannya baru akan diusulkan ke dalam RAPBD 2024," ungkapnya.

Dijelaskannya, usulan anggaran reward bagi para atlet tersebut baru diajukan pada anggaran tahun depan untuk memastikan bahwa anggaran yang diajukan sesuai dengan medali atau prestasi yang didapat.

"Ketika acara sudah selesai, kita tidak bisa memprediksi berapa banyak medali yang akan didapat dan berapa kebutuhan anggarannya," tambahnya.

BACA JUGA:Terganjal Administrasi Tanah, Pembangunan SD di Kelurahan Anak Petai Prabumulih Batal Terlaksana

Dalam hal besaran reward, Joko menjelaskan bahwa jumlahnya tidak akan jauh berbeda dengan reward yang diberikan pada tahun 2021.

"Kemungkinan tidak jauh berbeda dengan sebelumnya, yakni untuk medali emas sebesar 10 juta, perak 7,5 juta, dan perunggu 5 juta," ungkapnya.

Ketika disinggung mengenai anggaran biaya pengganti uang para atlet dan official yang terpakai selama mengikuti Porprov di Kabupaten Lahat lantaran belum ada anggaran dari pemerintah, Joko menegaskan pihaknya segera mengganti uang para oficial dan atlet tersebut.

BACA JUGA:Kabar Duka, Seniman Asal Sumatera Selatan Rian Prabu Cak Pakam Meninggal Dunia

“Alhamdulillah anggaran porprov 2023 telah disetujui pada APBD Perubahan, tinggal lagi teknis pembayarannya kepada para atlet dan official,” kata Joko seraya menuturkan untuk dapat mencairkan uang pengganti para atlet dan oficial wajib menunjukan bukti pengeluaran.

Sementara itu, anggota DPRD Kota Prabumulih, H Mat Amin SPd membenarkan bahwa Pemerintah Kota (Pemkot) Prabumulih bersama DPRD (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah) telah menyetujui anggaran sebesar Rp1,2 miliar di APBD (Anggaran Pendapatan Belanja Daerah) Perubahan 2023 untuk pengganti kegiatan Porprov yang sebelumnya tak teranggarkan di APBD induk.

"Memang di induk 2023 tidak ada. Akhirnya karena ini kegiatan rutin tahunan dan sudah dilaksanakan maka TAPD (Tim Anggaran Pemerintah Daerah) menyetujui usulan dari KONI melalui Dinas POKP (Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata) untuk penganggaran biaya Porprov," ungkap H Mat Amin dibincangi Selasa (3/10).

BACA JUGA:Pimpin INKA-Do Sumsel, Roy Riady Komitmen Besarkan INKA-Do

Sementara itu, disinggung bagaimana dengan reward bagi atlet yang berhasil mendapatkan medali? politisi partai PKS itu mengaku untuk penghargaan mungkin akan disusulkan di APBD induk 2024.

Untuk diketahui, pada ajang Porprov Sumsel XIV di Kabupaten Lahat lalu, Kota Prabumulih berhasil menduduki peringkat ke 12 dengan perolehan sebanyak 99 medali dengan rincian 17 medali emas, 28 perak dan 54 perunggu. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: