Disnaker Palembang Buka Kesempatan Kerja, 176 Peserta Ikut Seleksi Magang ke Jepang

Disnaker Palembang Buka Kesempatan Kerja, 176 Peserta Ikut Seleksi Magang ke Jepang

Wakil Menteri Ketenagakerjaan (Wamenaker) Afriansyah Noor bersama Pj Walikota Palembang Ratu Dewa, Selasa (10/10/2023) meresmikan pembukaan rekrutmen program magang --kominfo palembang

Disampaikanya, bahwa para peserta harus mengikuti syarat- syarat tertentu diantaranya tes fisik, tes ilmu pengetahuan hingga belajar bahasa Jepang.

BACA JUGA:Ingin Hemat Kuota, Berikut Tarif Promo dan Cara Aktifkan Paket XL Prabayar, XL Priorotas, AXIS, XL Fiber dan

"Banyak yang tidak tahu kalau kerja di Indonesia dan Jepang itu berbeda, kita ada UMP.

Kalau di Jepang penghasilan bisa Rp 10 jutaan keatas satu bulan. 3 tahun anda bekerja bisa naik gaji 3 kali lipat, begitu ada kesempatan manfaatkan kesempatan dengan sebaik- baiknya," tutupnya.

Kepala Disnaker Kota Palembang, Rediyan Deddy Umrien menjelaskan, sebenarnya pihaknya meminta kuota sampai 1.000 orang untuk peserta magang ke Jepang ini.

BACA JUGA:Kemarau Panjang, 1.990 Masjid di Palembang Diimbau Gelar Solat Istisqo

"Tapi yang mendaftar hanya ada 682 orang. Dan yang ikut seleksi hanya 178 orang, yang lainnya mundur," ujarnya.

Diakui Rediyan, banyaknya peserta yang mundur karena memikirkan kendala seperti biaya untuk berangkat dan selama tinggal di Jepang.

"Padahal, kita sudah siapkan solusinya bekerja sama dengan Bank Sumsel Babel. Kendala bahasa juga menjadi pemikiran peserta," ungkapnya.

BACA JUGA:4.706 Lampu Jalan di Palembang Sudah Diganti

Rediyan menambahkan, diperkirakan peserta yang lulus seleksi akan berangkat ke Jepang pada Juni 2024 mendatang.

"Sebelum itu, kita akan ada pelatihan dulu selama 2,5 bulan. Peserta yang lolos seleksi akan ditempatkan ke perusahaan manufaktur yang bonafide di Jepang," ungkapnya.

Sedangkan Fujita, Wakil Direktur IM Jepang selaku penyalur tenaga magang ini mengatakan, industri di Jepang saat ini sangat banyak membutuhkan tenaga kerja.

BACA JUGA: Samsung Galaxy A04e, HP Andalan Konten Kreator, Bobot Ringan dengan Kualitas Video Tiada Banding

"Jepang kekurangan tenaga kerja usia produktif karena itu mereka membuka kesempatan kerja ke negara lain. Orang Indonesia sangat disukai karena ramah dan tidak banyak permintaan selama bekerja," tukasnya.**

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: