Piala Dunia U-17 2023: Skenario Ini yang Bisa Loloskan Skuad Garuda Muda ke Babak 16 Besar

Piala Dunia U-17 2023: Skenario Ini yang Bisa Loloskan Skuad Garuda Muda ke Babak 16 Besar

Pemain Timnas Indonesia Riski Afrisal (kanan) berebut bola dengan pemain Maroko Anas Alaoui di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Jawa Timur, Kamis (16/11/2023). -Foto: Antara/Aditya Pradana Putra-

BACA JUGA:Pembukaan Piala Dunia U-17: Sorotan Cahaya dan Kolaborasi Spektakuler Artis Indonesia-Belgia di GBT Surabaya

Jika Meksiko memenangi laga terakhirnya melawan Selandia Baru dan mengumpulkan total empat poin, Iran hanya akan turun satu strip di klasemen mini, tetapi masih memiliki peluang besar untuk mencapai empat besar. 

 

Mengintip Peluang Garuda Muda Lolos ke Babak 16 Besar

Timnas Indonesia U-17 berada di tepi jurang setelah menyelesaikan pertandingan terakhir fase grup A Piala Dunia U-17 2023. Nasib Garuda Muda bergantung pada hasil pertandingan Meksiko dan Korea Selatan.

Dengan perolehan poin saat ini, Indonesia hanya bisa memastikan langsung lolos ke 16 besar jika, dan hanya jika, kedua tim tersebut bermain imbang pada pertandingan terakhir mereka. Dalam skenario ini, posisi Indonesia di peringkat keempat klasemen mini tidak akan berubah.

Namun, jika Meksiko dan Korea Selatan memenangkan pertandingan terakhir masing-masing, Indonesia dipastikan terdepak. Meksiko akan mengumpulkan empat poin dan Korea Selatan tiga poin, sehingga Meksiko akan menghuni posisi keempat klasemen mini.

BACA JUGA:Uzbekistan U-17 Vs Spanyol U-17 | Lazizbek Mirzaev: Insya Allah, Kami Menang

Peluang Indonesia juga tergantung pada hasil pertandingan Meksiko melawan Selandia Baru. Jika Meksiko kalah, pasukan Negeri Kiwi dengan nilai tiga akan menggeser Indonesia dan memiliki peluang menuju babak knockout.

Demikian juga, jika Korea Selatan kalah dari Burkina Faso, peluang Indonesia akan direbut oleh tim yang dilatih oleh mantan pemain Persib Bandung, Brahima Traore.

Dalam skenario imbang antara Meksiko dan Selandia Baru serta antara Korea Selatan dan Burkina Faso, Indonesia dan Meksiko akan memiliki koleksi poin yang sama, yakni dua poin. Penentuan tim yang lolos akan ditentukan oleh indikator lanjutan, sesuai regulasi FIFA.

Regulasi tersebut mencakup poin, selisih gol, jumlah gol yang dicetak, dan poin kedisiplinan (fair play), yang melibatkan kartu kuning dan merah yang diterima oleh tim selama turnamen.

BACA JUGA:LUAR BIASA! Megawati Raih MVP Putaran Pertama V League 2023/2024

Dengan selisih gol saat ini -2 (minus dua), sama dengan Meksiko, Indonesia berharap agar Meksiko bermain imbang lebih dari 0-0. 

Jika Meksiko bermain imbang 0-0, koleksi poin dan selisih gol mereka akan sama dengan Indonesia. Dalam hal ini, penentuan selanjutnya akan melibatkan jumlah gol yang dicetak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: