Malin Kundang Ada di Pantai Air Manis

Malin Kundang Ada di Pantai Air Manis

Malin Kundang Ada di Pantai Air Manis-Foto Sefty Palpos.ID-

UNIK,PALPOS.ID - Kisah Malin Kundang adalah cerita rakyat yang berasal dari provinsi Sumsel Barat Indonesia.

Legenda Malin Kundang berkisah tentang seorang anak yang durhaka pada ibunya dan karena itu dikutuk menjadi batu.

Batu Malin Kundang ini konon menurut legenda rakyat setempat batu- batu ini awalnya memang seorang manusia yang bernama Malin Kundang bersama kepalanya dan berubah menjadi batu seperti terlebih sekarang akibat kutukan dari ibunya yang kecewa atas kedurhakaan si Malin Kundang yang berubah sombong dan angkuh setelah kaya sampai tidak mau mengakui ibunya yang bersasal dari keluarga miskin.

Daya Tarik legenda Malin Kundang sangat menarik wisatawan yang datang ke Pantai Air Manis ini.walaupun ketika melihat batu ini pengunjung akan ragu dengan kebenaran dari cerita tersebut, karena Batu Malin Kundang ini semakin terkikis oleh Ombak laut dan perbaikan batu ini yang membuat menjadi tidak natural lagi.

BACA JUGA:Panduan Bijak Memilih Hari Ideal untuk Berkemah: Menikmati Alam dengan Aman dan Nyaman
 
Selain itu, keberadaan Batu Malin Kundang juga sangatlah tersembuyi. Karena ditutupi dengan barisan lapak pedagang yang menjual ragam aksesoris atau oleh- oleh khas Padang.

Meskipun demikian, tidak mengurungkan niat wisawatan untuk mendatang Batu Malin Kundang yang sudah melegenda sejak dahulu kala.
 
Sementara menurut warga sekitar, untuk mendatangi Batu Malin Kundang sangatlah mudah, cukup menggunakan kendraan sepeda motor atau mobil menuju Pantai Ari Manis yang berjarak sekitar 10 KM ke selatan dari pusat Kota Padang, atau berada di belakang Gunung Padang tepatnya di kecamatan Padang Selatan, kota Padang Sumatera Barat.

BACA JUGA:Panduan Bijak Memilih Hari Ideal untuk Berkemah: Menikmati Alam dengan Aman dan Nyaman

Lalu lintas dari Kota Padang menuju Pantai Air Manis tidak memakan waktu lama, hanya dikisaran 31 menit atau 41 menit. Karena tidak terlalu padat atau macet perjalanan menuju Pantai Air Manis.

Untuk menuju ke Pantai Air Manis dari Kota Padang juga sangatlah indah, kita disuguhkan dengan pemandangan yang indah. Selain itu, kita juga akan melalui jembatan Siti Nurbaya yang juga menjadi destinasi wisata di kota Padang.

Untuk masuk ke Pantai Air Manis atau biasa dikenal dengan Pantai Malin Kundang, cukup dengan membayar tiket masuk Rp5 ribu saja.

BACA JUGA:Warnanya Menarik dan Buahnya Lebat, Begini 6 Trik Sukses Menanam Terong di Polybag..

Sesampainya dipantai wisawatan disarankan untuk segera mengunjungi terlebih dahulu Batu Malin Kundang yang berada di sisi kiri pantai dengan jalur jalan yang sudah disediakan.

Setelah puas berfoto bersama Batu Malin Kundang, wisatawan juga bisa mencoba beberapa fasilitas lainnya yang biasa ditawarkan pedagang disana.

Seperti selancar, atau menggunakan jasa motor All Terrain Velicle atau biasa disingkat motor ATV dengan bianya sewa Rp100 ribu/ motor. Jika air pantai surut, kita juga bisa menggunakan ATV untuk menuju pulai pisang kecil yang ada kurang lebih 1 km dari bibir pantau.

BACA JUGA:Kamu Pernah Di Buntuti Kucing? Ternyata ini Alasanya, Tak Melulu Karena Lapar

Menggunakan motor ATV juga bisa mengunjungi Pulau Pisang Besar atau Pulau Pisang Gadang yang menawarkan pemandangan siluet senja yang indah dan romantic.

Pulau yang luas 24 hektar ini dihuni oleh warga yang mayoritas berprofesi sebagai nelayan atau petani. Dengan jarak sekitar du akilometer dari Pantai Air Manis dan bisa disambangi juga dengan peru motor jika air Pantai pasang.

Sebenarnya, Pantai Air Manis memang tidak tepat untuk snokeling atau diving , namun bisa juga berenang hingga ketepi pantai atau sekedar bermain air.

BACA JUGA:Kamu Pernah Di Buntuti Kucing? Ternyata ini Alasanya, Tak Melulu Karena Lapar

Jika perut terasa lapas, di Pantai Air Manis juga ada beberapa pedagang yang menjual makanan khas Padang yakni sate padang, mie instan dengan harga kisaran Rp 5 ribu untuk mie instan dan Rp15 ribu untuk harga sate padang.

Bayam memberikan banyak khasiat, untuk kesehatan hingga kecantikan.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: