Gali Potensi Desa, Tirta : Pedamaran 1 Sambut Baik Pelatihan Desa Wisata

Gali Potensi Desa, Tirta : Pedamaran 1 Sambut Baik Pelatihan Desa Wisata

KAYUAGUNG, PALPOS.ID - Kepala Desa Pedamaran I, Kecamatan Pedamaran, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), M Tirta Rahmawan SH mengaku menyambut baik adanya pelatihan desa wisata.

Menurut Tirta, adanya pelatihan desa wisata yang digelar oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) OKI dapat menggali potensi-potensi wisata yang ada di desa.

"Untuk Pedamaran 1 memiliki warisan Kantor Margo dan Rumah Pangeran Raksaguna. Kedepannya perlu kita lestarikan dan kembangkan pada tahun 2024 mendatang," ungkapnya, Senin (11/12/2023).

Ia menambahkan, kegiatan pelatihan desa wisata baru pertama kali digelar. Dimana yang menjadi nara sumber yakni Tenaga Ahli DPMD OKI, Irawadi dan dibuka oleh Camat Pedamaran, M Saman.

BACA JUGA:Dewan Usulkan 3 Nama Ini untuk Jabat Pj Bupati OKI

BACA JUGA:Jelang Berakhirnya Masa Pemutihan, SAMSAT OKI

"Berdasarkan penjelasan saat pelatihan, kita mengetahui terdapat banyak regulasi yang perlu dikelola. Diantaranya, Perdes dan Kelompok Masyarakat Sadar Wisata," ujarnya.

Dikatakannya lagi, Desa Pedamaran 1 memiliki Kantor Margo, Rumah Pangeran Raksaguna, wisata religi, Usang Lumutan, dan Muyang Cermin. Oleh karena itu, mereka berkomitmen menjaga kearifan lokal.

"Jadi itu fungsi dan pengawasan kita. Kemudian, selaku pihak Pemerintahan Desa Pedamaran 1 menjadi contoh yakni menjaga dan melestarikan hal tersebut," tuturnya.

Masih kata Tirta, untuk di Kecamatan Pedamaran telah banyak yang mengikuti pelatihan. Kendati demikian, banyak juga desa lain yang tidak memiliki warisan.

BACA JUGA:Bocah Umur 10 Tahun di OKI Tenggelam, Kades Bumi Agung Jelaskan Ceritanya

BACA JUGA:Hebat ! Setelah Rakit Pesawat, Pemuda Tulung Selapan OKI Ciptakan Kapal Pembersih Sampah

"Banyak yang menggali potensi desa wisata itu dengan membuat destinasi baru. Kita ini sebenarnya bukan menggali potensi baru, tetapi bagaimana mempromosikan barang yang telah ada dan dijaga kearifan lokalnya," imbuhnya.

Sementara Cemat Pedamaran, M Saman menuturkan, tujuan pelatihan desa wisata ialah untuk masa depan dan bukan untuk masa yang sekarang, karena desa wisata belum ada.

"Lebak Petai masih rumput semua dan sungai bisa dilihat sendiri. Jadi mungkin kedepan, Pak kades dan Bu kades ada inspirasi untuk menjadikan desa wisata seperti di Desa Menang Raya," terang Saman saat menyampaikan sambutannya.

Lanjutnya, desa wisata itu banyak, dimana yang belum dibentuk akan mereka bentuk, sebagai kunjungan masyarakat yang ingin melihat desa itu apa yang disumbangkan.

BACA JUGA:Akreditasi Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Meningkat, Ini Harapan Warek Uniski

BACA JUGA:OKI Darling’ Layanan Digital Dongkrak Kinerja ASN

"Tujuan desa wisata untuk menarik orang dari luar sebagai PAD desa. Kita ada BUMDes yang disponsori oleh masyarakat Pedamaran I dan masyarakat Pedamaran sendiri," jelasnya.

Saman berharap, dengan adanya pelatihan itu menjadi bahan mereka kedepan. Dimana ilmu yang didapat diterapkan, supaya menjadi desa wisata seperti di daerah Sungai Pinang, Kabupaten Ogan Ilir.

"Menarik minat orang yang berdagang, salah satunya dengan adanya desa wisata," tutupnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: