Pantau Titik Banjir, Pj Wako Prabumulih Turun ke Lapangan

Pantau Titik Banjir, Pj Wako Prabumulih Turun ke Lapangan

Pantau Titik Banjir, Pj Wako Prabumulih Turun ke Lapangan-Foto : Prabu/Palpos-

PRABUMULIH, PALPOS.ID – Hujan deras melanda Kota Prabumulih sejak Kamis pagi sekitar pukul 04.30 WIB hingga pagi sekitar pukul 08.30 WIB, menyebabkan terjadinya genangan air alias banjir disejumlah titik dalam wilayah Kota Prabumulih.

Menyikapi situasi ini, Penjabat (Pj) Walikota Prabumulih, H Elman ST MM, bersama tim dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan juga jajaran TNI-Polri langsung turun ke lapangan melakukan pemantauan guna mengetahui kondisi banjir dan memberikan respons yang cepat.

Menurut H Elman ST MM, penyebab utama banjir yang melanda Kota Prabumulih adalah tumpukan sampah yang menutupi drainase dan sungai.

"Kalau di Sungai Kelekar itu banyak penyebabnya sampah," ujarnya saat diwawancarai di ruang kerjanya pada Kamis, 28 Desember 2023.

BACA JUGA:Berhasil Gagalkan Rencana Aksi Tawuran, Polres Prabumulih Mendapat Apresiasi Dari Ketua DPRD

BACA JUGA:28 Remaja Diamankan Polisi Karena Hendak Tawuran, Ini yang Dilakukan Dinsos Prabumulih

Elman menjelaskan bahwa pihaknya akan segera berkoordinasi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk membersihkan sampah-sampah yang menjadi penyebab banjir.

"Pagi-pagi kami langsung turun ke lapangan melihat situasi banjir di pemukiman warga, kalau tim BPBD sudah sejak subuh tadi ke lapangan," kata Elman.

Dia menegaskan bahwa begitu banjir surut, pihaknya akan bergerak cepat dengan melibatkan OPD untuk membersihkan sampah dan pohon yang menghalangi aliran air di sungai.

“Setelah air surut, nantinya BPBD, Perkim dan OPD lainnya akan dikerahkan untuk membersihkan sampah-sampah di Sungai,” ucapnya.

BACA JUGA:Dilantik Pj Wako Prabumulih, 185 PPPK Teknis Hasil Optimalisasi Formasi Tahun 2022 Tersenyum Sumringah

BACA JUGA:Hasil Tes Urine, BNN Kota Prabumulih Setor PNBP Sebesar Rp593 Juta ke Kas Negara

Lebih lanjut, mantan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Prabumulih ini mengajak seluruh masyarakat untuk turut serta menjaga kebersihan lingkungan mereka masing-masing.

"Mari sama-sama kita jaga lingkungan, jangan membuang sampah ke sungai atau drainase karena dapat menghambat aliran air yang berdampak terjadinya banjir dan dapat merugikan orang banyak," ungkap Elman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: