SESERA Sejahterakan Masyarakat Pulau Kemaro

SESERA Sejahterakan Masyarakat Pulau Kemaro

SESERA Sejahterakan Masyarakat Pulau Kemaro. f humas Pusri --

BACA JUGA:Tingkatkan Brand Awareness melalui Pusri Agro Show

Adapun rangkaian kegiatan dalam Program SESERA lanjut Alde, adalah Pembangunan Instalasi Air Bersih dan Air Minum (Pengolahan air Sungai Musi menjadi air bersih agar layak untuk dikonsumsi) ; Pembangunan Posyandu Remaja (Unit pemenuhan standar kesehatan di Pulau Kemaro) ; Pembangunan Keramba Jaring Apung (Budidaya Ikan Nila dan Ikan Baung).

Selanjutnya pembangunan Instalasi Solar Cell (Unit pemenuhan kebutuhan Penerangan Umum) ; Pertanian Zero Waste (Budidaya Pertanian, Komposting Eceng Gondok, Floating Farming, Pembuatan Pestisida Organik dan  Pembuatan Ecoenzym).

Kemudian Koperasi Wanita SESERA (Sebagai wadah berjalannya unit usaha program) ; Tabungan NONA (Unit Bank Sampah terapung di Pulau Kemaro) ; Pojok Baca (Ruang membaca dan menulis, peningkatan minat baca & literasi anak - anak) ; Kerajinan Eceng Gondok (Pengolahan eceng gondok menjadi produk aksesoris) dan Resto Apung Sesera (Sebagai obyek wisata kuliner Pulau Kemaro, dibentuk untuk menyerap hasil dari unit - unit program lainnya).

BACA JUGA: Tutup Produksi 2023, Pusri Gelar Pengantongan & Trucking Akhir Tahun 2023 dan Perdana Tahun 2024

BACA JUGA:Komitmen Dalam Mengelola Lingkungan, Pusri Kembali Raih Proper Emas Tahun 2023

Berbagai kegiatan program ini masih kata Alde, mulai terpola menuju tahap pengembangan di Tahun 2023, mulai dari pengembangan Resto Apung, upaya pengembangan meliputi pelatihan memasak, manajemen keuangan, hospitality, dan pengelolaan persediaan secara mendalam selama 3 bulan dengan chef berpengalaman dan merupakan salah satu anggota Asosiasi Chef Indonesia (Indonesia Chef Association). 

Terkait program ini kata Alde, sebanyak 20 orang Ibu Rumah Tangga (IRT) aktif mengikuti pengembangan sebagai kelompok pengelola resto.

Didukung dengan peningkatan kapasitas ruang dan pembaharuan desain bangunan untuk meningkatkan daya tarik, Resto Apung kini ditargetkan menjadi wujud hilirisasi Program SESERA secara keseluruhan dan menjadi pintu utama untuk menuju peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan penghasilan.

BACA JUGA:UMKM Tukang Seduh Kopi Jadi Pemenang Music Pusri 2023

BACA JUGA:Pusri Syukuri Berkah HUT ke-64, Bersama 1500 Anak Yatim

Selain itu terang dia, salah satu produk hasil kreasi andalan dari olahan Eceng Gondok pun di tampilkan di Resto Apung sebagai pelengkap daya tarik.

Produk olahan ini dikreasikan menjadi berbagai macam aksesoris dalam bentuk tas dan sepatu yang tentunya sangat menarik dan autentik sebagai buah tangan bagi tamu yang hador.

Produk ini merupakan hasil olahan keterampilan dari Kelompok Pengrajin Eceng Gondok yang beranggotakan Ibu Rumah Tangga dan remaja-remaja Pulau Kemaro.

BACA JUGA:Pusri Pastikan Penyaluran Pupuk Terserap dan Tersalurkan Sesuai Ketentuan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: