Capaian Luar Biasa! Pemkot Palembang Raih Prestasi Terbaik Peringkat 7 Nasional

Capaian Luar Biasa! Pemkot Palembang Raih Prestasi Terbaik Peringkat 7 Nasional

Pj Walikota Palembang, Ratu Dewa--kominfo palembang

PALEMBANG, PALPOS.ID - Pemerintah Kota (Pemkot) PALEMBANG meraih keberhasilan yang luar biasa dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah dengan memperoleh peringkat ketujuh nasional dan menempati peringkat pertama di Provinsi Sumatera Selatan. 

Keberhasilan ini diumumkan melalui keputusan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 100.2.1.7-6646 Tahun 2023 yang terkait dengan Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) Provinsi dan Kabupaten/Kota Tahun 2022.

Pj Walikota Palembang, Ratu Dewa, meraih skor mencengangkan sebesar 3,4541 dengan status kinerja tinggi, yang berhak menduduki peringkat 7 nasional dari total 93 Kota se-Indonesia dan peringkat 1 di Sumatera Selatan. 

Keberhasilan ini merupakan peningkatan yang pesat dari tahun sebelumnya yang mencapai skor 3,11 dengan status peringkat 16 nasional.

BACA JUGA:Sembako Gratis untuk Warga Kurang Mampu di Kecamatan Sako Palembang

BACA JUGA:Palembang Siaga Banjir, Pj Walikota Palembang Ratu Dewa Instruksikan Camat dan OPD Turun ke Lapangan

Sebagai pengakuan atas prestasinya, Pj Walikota Ratu Dewa akan menerima penghargaan Tanda Kehormatan Samkaryanugraha, berupa Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha dari Mendagri sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

LPPD merupakan laporan wajib yang disampaikan oleh Pemerintah Daerah kepada Pemerintah Pusat, menggambarkan capaian kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah.

Data capaian LPPD Kota Palembang pada tahun 2023 menunjukkan skor 3,4541 dengan status tinggi, memperkuat posisinya di peringkat 7 nasional dan peringkat 1 se Sumatera Selatan dari total 93 Kota di Indonesia.

BACA JUGA:Pemkot Palembang Konsisten Mengurangi Tingkat Kemiskinan Ekstrem, 100 Warga IT I Terima Paket Sembako

BACA JUGA:Penghentian Rekrutmen Tenaga Honorer Menguatkan Sistem Meritokrasi dalam Birokrasi

Pj Walikota Ratu Dewa, didampingi Kabag Tata Pemerintahan (Tapem) Allan, menyampaikan bahwa keberhasilan ini mencerminkan kinerja Pemerintahan Kota Palembang dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan daerah.

"Dalam konteks ini, capaian kinerja makro Kota Palembang juga menjadi sorotan, seperti peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dari 78,72 pada tahun 2021 menjadi 79,72 pada tahun 2022," ujar Ratu Dewa, Kamis 25 Januari 2024

Selain itu, angka kemiskinan menurun signifikan dari 11,34 di tahun 2021 menjadi 10,48 pada tahun 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: