Mewujudkan Pemekaran: Sulawesi Tenggara Menuju Provinsi Kepulauan Buton dan 5 Daerah Otonomi Baru

Mewujudkan Pemekaran: Sulawesi Tenggara Menuju Provinsi Kepulauan Buton dan 5 Daerah Otonomi Baru

Mewujudkan Pemekaran: Sulawesi Tenggara Menuju Provinsi Kepulauan Buton dan 5 Daerah Otonomi Baru.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

SULAWESI TENGGARA, PALPOS.ID - Mewujudkan Pemekaran: Sulawesi Tenggara Menuju Provinsi Kepulauan Buton dan 5 Daerah Otonomi Baru.

Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) tengah menggagas pemekaran dengan merencanakan pembentukan Provinsi Kepulauan Buton serta pembentukan 5 kabupaten dan kota baru di wilayahnya. 

Inisiatif ini didorong oleh upaya pemerataan pembangunan di wilayah yang memiliki luas mencapai 36.160 kilometer persegi.

Pemekaran Provinsi Sulawesi Tenggara

Pemerintah Sultra melihat pemekaran sebagai solusi untuk meningkatkan pelayanan dan kesejahteraan masyarakat. 

BACA JUGA:Rencana Pemekaran Wilayah Sulawesi Tenggara: Penguatan Otonomi Melalui Pemekaran Daerah

BACA JUGA:Pemekaran Sulawesi Tenggara: Wacana Provinsi Kepulauan Buton dan 5 Daerah Otonomi Baru

Gubernur Sultra Ali Mazi, beberapa waktu yang lalu telah menyampaikan dukungannya terhadap pembentukan Provinsi Kepulauan Buton (Kepton) sebagai langkah strategis untuk mencapai tujuan tersebut. 

Ali Mazi menegaskan bahwa proses pengusulan pemekaran wilayah telah dimulai untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan kesejahteraan masyarakat di wilayah yang akan dimekarkan.

Persiapan Administratif

Meskipun persyaratan administratif untuk pembentukan Provinsi Kepulauan Buton telah dipenuhi, moratorium Daerah Otonomi Baru (DOB) yang masih berlaku menjadi hambatan utama. 

Pemerintah Pusat memiliki kewenangan untuk mencabut moratorium ini, dan tanpa pencabutan tersebut, pembentukan Kepton tidak dapat terealisasi sepenuhnya.

BACA JUGA:Mau Mandi Matahari ? Cuss, Ke Pulau Bokori Sulawesi Tenggara, Sunrisenya Indah Ada Panorama Langit Warna-Warni

BACA JUGA:Wisata Air Panas Kea-Kea di Kolaka Hot Springsnya Sulawesi Tenggara, Airnya Menyatu dengan Sungai

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: