Puluhan Rumah Warga OKU Terendam Banjir

Puluhan Rumah Warga OKU Terendam Banjir

Kepala BPBD OKU, Januar Efendi saat meninjau rumah warga yang terkena banjir. Foto: Ist--

BATURAJA, PALPOS.ID - Puluhan rumah warga di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) terendam banjir akibat curah hujan tinggi yang terjadi sejak Jumat lalu pukul 20.30 WIB.

Manager Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) OKU, Gunalfi, Minggu 11 Februari 2024 mengatakan bahwa bencana alam tersebut melanda kawasan permukiman penduduk di dua kecamatan yaitu Baturaja Timur dan Baturaja Barat.

Meskipun tidak ada korban jiwa, kata dia, namun akibat bencana alam tersebut puluhan rumah warga di Kelurahan Sukaraya, Kecamatan Baturaja Timur dan Kelurahan Talang Jawa, Kecamatan Baturaja Barat terendam banjir dengan ketinggian air mencapai lebih dari 50 centimeter. "Berdasarkan pendataan, sebanyak 25 kepala keluarga di kawasan tersebut terdampak banjir," katanya.

Selain rumah warga, banjir pun menggenangi fasilitas pemerintahan yaitu Kantor KUA di Kecamatan Baturaja Timur dengan kerugian materi mencapai ratusan juta rupiah.

BACA JUGA:BPBD OKU Sebut Kabupaten OKU Level Waspada Bencana Alam

BACA JUGA:BPBD OKU Siagakan 300 Personel Penanggulangan Bencana Alam

Sebagai upaya penanggulangan, Gunalfi mengaku pihaknya telah meninjau lokasi banjir untuk melakukan kaji cepat guna mengantisipasi bencana susulan.

Personel di lapangan melakukan penyedotan air banjir menggunakan mesin pompa agar tidak ada lagi genangan sehingga masyarakat dapat kembali beraktivitas seperti biasa. "Hingga siang kemarin banjir sudah surut setelah dilakukan penyedotan oleh petugas di lapangan," ujarnya.

Meskipun banjir sudah surut, Gunalfi kembali mengingatkan masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan menghadapi potensi bencana susulan agar tidak menimbulkan korban jiwa.

"Apalagi Kabupaten OKU sejak beberapa hari terakhir dilanda hujan deras yang berpotensi menimbulkan banjir dan tanah longsor sehingga harus kita waspadai bersama," tegasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: