Kejutan Besar di Laut Azov Ukraina Tembak Jatuh Pesawat A-50U Mainstay Rusia

Kejutan Besar di Laut Azov Ukraina Tembak Jatuh Pesawat  A-50U Mainstay Rusia

--

NASIONAL, PALPOS.ID-Pada Sabtu, 24 Februari 2024, terjadi peristiwa mengejutkan ketika Ukraina mengumumkan penembakan jatuh pesawat Rusia yang berharga, A-50U, di atas Laut Azov.

Operasi gabungan antara Direktorat Intelijen Utama Kementerian Pertahanan Ukraina dan Angkatan Udara Angkatan Bersenjata Ukraina berhasil meraih pencapaian ini, menambahkan catatan dramatis dalam ketegangan regional.

Menurut laporan resmi, pesawat A-50U Rusia tersebut terkena serangan rudal permukaan ke udara, sebagaimana terlihat dalam beberapa video yang beredar di platform Telegram dan kemudian di X.

BACA JUGA:Mengungkap Misteri Stealth Black Hawk: Kisah Rahasia di Balik Penyerbuan Osama bin Laden

BACA JUGA:M80 Stiletto: Kapal Pesisir Super Canggih yang Revolusioner

Video-video itu memperlihatkan momen dramatis ketika pesawat tersebut terkena serangan dan berakhir dengan puing-puingnya terbakar di langit.

Keberhasilan Angkatan Udara Ukraina dalam menyerang pesawat ini di dekat Yeisk, yang berada di tepi Teluk Taganrog di Laut Azov, meninggalkan banyak pertanyaan.

Beberapa spekulasi muncul, termasuk dugaan bahwa pesawat tersebut menjadi korban tembakan dari pihak Rusia sendiri.

BACA JUGA:Kamov Ka-52 Alligator: Helikopter Serbu Canggih Lawan Tangguh Helikopter AH-64 Apache

BACA JUGA:Beriev A-50 Shmel: Pembaruan Terbaru Pesawat AWACS Rusia

Namun, fakta bahwa A-50U yang merupakan aset berharga bagi Rusia berhasil dihancurkan menunjukkan kemampuan Ukraina dalam menghadapi ancaman dari udara.

Kehilangan pesawat Peringatan Dini dan Pengendalian Lintas Udara seharga miliaran dolar ini sangat menghantui bagi Rusia.

Dengan hanya sedikit jumlahnya, kehilangan dua unit dalam waktu singkat memberikan pukulan besar bagi Angkatan Udara Rusia.

BACA JUGA:Rajawali 720: Terobosan Baru dalam Teknologi Drone Indonesia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: