Ratusan Rumah di Payaraman Ogan Ilir Terendam Banjir, Bupati tinjau lokasi

Ratusan Rumah di Payaraman Ogan Ilir Terendam Banjir, Bupati tinjau lokasi

Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar Ketika Mengunjungi Lokasi Banjir Di Payaran Ogan Ilir--Foto: Humas Ogan Ilir

OGANILIR,PALPOS.ID - Bupati Ogan Ilir, Panca Wijaya Akbar, bersama sejumlah pejabat Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir dan didampingi oleh Kapolsek Tanjung Batu, AKP Sondi Fraguna, melakukan kunjungan langsung ke Desa Serikembang 1 dan Desa Serikembang 2 Kecamatan Payaraman yang dilanda banjir pada Jumat, 8 Maret 2024. Banjir tersebut diduga disebabkan oleh luapan anak sungai yang menggenangi pemukiman warga.

Menurut Kapolsek Tanjung Batu, situasi di lokasi banjir saat ini dalam keadaan kondusif, namun pihak kepolisian tetap mengantisipasi kemungkinan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan dengan menyiagakan personel di sekitar lokasi.

Bupati Panca Wijaya Akbar menyatakan bahwa setelah mendapatkan laporan dari Kepala Desa setempat, ia langsung meninjau lokasi banjir dan memberikan bantuan kepada para korban yang terdampak banjir. 

Bantuan yang diberikan meliputi selimut, makanan siap saji, tikar, sembako, dan pakaian. Selain itu, Bupati juga menginstruksikan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ogan Ilir untuk mendirikan dapur umum di tiga lokasi terdampak banjir.

BACA JUGA:Kemenag Larang Penggunaan Pengeras Suara Luar Saat Bulan Ramadhan, Tokoh Agama Ogan Ilir Beri Komentar Begini

BACA JUGA:Mengukir Sejarah, Kafilah Indralaya Selatan Rebut Gelar Juara Umum di MTQ XXX 2024 Tingakat Kabupaten Ogan Ili

"Pembuatan dapur umum sebanyak tiga tempat dilokasi yang terdampak banjir, sehari disediakan sebanyak 450 porsi dikalikan tiga kali, artinya 1.350 porsi disediakan," jelas Bupati Panca.

Tidak hanya itu, Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir juga menyiapkan lokasi pengungsian bagi masyarakat yang terdampak banjir di Balai Desa Serikembang I Kecamatan Payaraman dan Balai Desa Seri Tanjung Kecamatan Tanjung Batu. Tenda darurat juga telah didirikan oleh personel BPBD di lokasi-lokasi pengungsian.

Bantuan yang diberikan oleh pemerintah tersebut ternyata sangat bermanfaat bagi warga yang terdampak banjir. Namun, hingga saat ini, debit air masih belum surut sepenuhnya. 

Hal ini menimbulkan kekhawatiran terutama bagi anak-anak dan lanjut usia yang melakukan aktivitas di luar rumah yang terdampak banjir. 

BACA JUGA:Berhasil Ditangkap Unit Pidum, Yenson Pelaku Penyiraman Air Keras Terhadap Isteri Ngaku Cemburu

BACA JUGA:Herman Deru Dorong Kawasan Danau Rayo Jadi Pusat Ekonomi Baru Muratara

Bupati mengingatkan agar masyarakat tetap waspada dan siap menghadapi kemungkinan terjadinya banjir susulan jika curah hujan di hulu sungai meningkat.

Dengan adanya kehadiran Bupati Ogan Ilir dan bantuan yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir, diharapkan dapat membantu meringankan beban para korban banjir serta mempercepat proses pemulihan pasca-banjir di Desa Serikembang 1 dan Desa Serikembang 2. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: