Membangun Keunggulan Pertahanan: India Akan Luncurkan Pesawat AMCA Generasi ke-5

Membangun Keunggulan Pertahanan: India Akan Luncurkan Pesawat AMCA Generasi ke-5

--

NASIONAL, PALPOS.ID-Pengembangan Pesawat Tempur Menengah Tingkat Lanjut Generasi ke-5 (AMCA) di India telah menjadi titik fokus utama dalam upaya memperkuat kemampuan pertahanan udara negara tersebut.

Keputusan Komite Kabinet Keamanan pada tanggal 7 Maret 2024, yang dipimpin oleh Perdana Menteri Narendra Modi, untuk menyetujui proyek ini menandai langkah besar dalam membangun kemampuan pertahanan udara India secara mandiri.

Proyek AMCA, dengan anggaran diperkirakan mencapai 15.000 crores rupee, menargetkan desain dan pengembangan lima prototipe selama lima tahun ke depan.

BACA JUGA:Lewat Simulasi Pertempuran di Udara China Klaim Jet Tempur nya J-20 Dapat Rontokkan Rafale

BACA JUGA:Mengenal S-200: Senjata Canggih Unggulan Suriah Melawan Serangan Udara Israel

Kolaborasi antara Badan Pengembangan Penerbangan (ADA), Hindustan Aeronautics Limited (HAL), dan mitra sektor swasta menunjukkan komitmen serius India untuk mencapai otonomi dalam industri pertahanan.

Dengan rencana untuk membangun lima prototipe dalam lima tahun dan meluncurkannya dalam tiga tahun, proyek ini menargetkan untuk mengurangi ketergantungan India pada pesawat tempur impor, sambil mendukung pertumbuhan industri pertahanan nasional dan penciptaan lapangan kerja.

AMCA dijelaskan sebagai pesawat tempur serbaguna dengan teknologi siluman tingkat lanjut, desain bermesin ganda, dan kemampuan operasional yang mematikan.

BACA JUGA:Misteri Tank T-14 Armata: Antara Keunggulan dan Kontroversi

BACA JUGA:Mengenal Tank Tercanggih T-14 ARMATA Rusia yang Tidak di Terjunkan ke Konflik Ukrania

Dengan fokus pada operasi udara-ke-udara dan udara-ke-darat, pesawat ini dirancang dengan sayap trapesium berbentuk berlian dan sensor pasif terdistribusi untuk meningkatkan kesadaran situasional.

Angkatan Udara India (IAF) telah merencanakan akuisisi tujuh skuadron AMCA, menunjukkan keyakinan mereka dalam potensi pesawat ini untuk memenuhi kebutuhan pertahanan udara negara.

Dengan dua skuadron dilengkapi dengan versi Mark 1 dan sisanya dengan versi yang ditingkatkan, proyek ini akan memberikan dorongan signifikan bagi inisiatif "Make in India" sambil memperkuat kemampuan pertahanan nasional.

BACA JUGA:Pesawat Tempur Hawk 109/209 TNI AU yang Menolak Tua!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: