BPJS Kesehatan Pastikan Akses Layanan JKN Selama Libur Lebaran, Siagakan Posko Mudik

BPJS Kesehatan Pastikan Akses Layanan JKN Selama Libur Lebaran, Siagakan Posko Mudik

Asisten Deputi SDM, Umum, dan Komunikasi, Angga Firdauzie, menjelaskan bahwa prinsip portabilitas-erika/palpos.id-

Peserta JKN segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) atau yang dikenal sebagai peserta mandiri, diingatkan untuk melakukan pembayaran iuran secara rutin setiap bulannya sebelum tanggal 10 agar status kepesertaan tetap aktif. 

BACA JUGA:Danamon Kampanye #JanganKasihCelah: Nasabah Diimbau Waspada Modus Penipuan Permintaan Kode OTP

BACA JUGA:BPJS Kesehatan Siapkan Petugas Khusus di Rumah Sakit, Ini Tugasnya..

BPJS Kesehatan telah menjalin kerja sama dengan lebih dari 960 ribu kanal pembayaran untuk mempermudah peserta JKN dalam proses pembayaran iuran.

Angga juga menjelaskan bahwa BPJS Kesehatan telah menerapkan janji layanan JKN di fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan mereka dalam rangka Transformasi Mutu Layanan.

"Dengan janji layanan JKN, peserta JKN dapat merasakan kemudahan dalam mengakses layanan. Cukup dengan menunjukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang terdapat pada Kartu Tanda Penduduk (KTP) untuk mengakses layanan di fasilitas kesehatan, tanpa perlu fotokopi berkas. 

BPJS Kesehatan menegaskan bahwa tidak ada biaya tambahan bagi peserta JKN saat mengakses layanan di fasilitas kesehatan, selama prosedur diikuti dan dilayani setara tanpa diskriminasi," jelas Angga.

BACA JUGA:Berburu Takjil di Palembang, Tak Lengkap Jika Tak Menikmati Kelezatan Legendaris Aneka Pempek

Peserta JKN dapat langsung menghubungi BPJS Kesehatan Care Center 165 untuk mencari informasi tentang fasilitas kesehatan terdekat bagi mereka yang melakukan perjalanan mudik.

Angga juga menambahkan bahwa peserta JKN dapat mengakses informasi melalui Aplikasi Mobile JKN untuk mengetahui lokasi fasilitas kesehatan terdekat.

"Kini, ada fitur i-Care JKN yang dikembangkan oleh BPJS Kesehatan. Melalui inovasi ini, dokter di fasilitas kesehatan dapat dengan mudah mengakses riwayat medis peserta JKN dalam 12 bulan terakhir, untuk memberikan pelayanan yang lebih cepat dan tepat. Bahkan peserta JKN pun dapat mengakses layanan ini melalui Aplikasi Mobile JKN," ucap Angga.

Angga mengimbau bagi mereka yang melakukan perjalanan mudik untuk selalu menjaga kesehatan dengan makanan bergizi seimbang, mengurangi konsumsi makanan tinggi gula, meningkatkan asupan air putih, istirahat yang cukup, dan tetap berolahraga ringan.

BACA JUGA:Ini Alasan PT BCR Tutup Operasional Pasar 16 Ilir, Harga Kios Untuk Sewa 25 Tahun

"Jangan lupa untuk memastikan bahwa kepesertaan JKN kita semua tetap aktif, sehingga ketika membutuhkan layanan di fasilitas kesehatan, tidak ada kendala," kata Angga.**

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: