BPJS Kesehatan Pastikan Akses Layanan JKN Selama Libur Lebaran, Siagakan Posko Mudik

BPJS Kesehatan Pastikan Akses Layanan JKN Selama Libur Lebaran, Siagakan Posko Mudik

Asisten Deputi SDM, Umum, dan Komunikasi, Angga Firdauzie, menjelaskan bahwa prinsip portabilitas-erika/palpos.id-

PALEMBANG, PALPOS.ID-Selama masa cuti bersama dan libur Lebaran pada tanggal 8 hingga 15 April 2024, BPJS Kesehatan menegaskan komitmennya untuk memberikan kemudahan akses layanan Kesehatan kepada peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Komitmen ini berlandaskan prinsip portabilitas yang telah diterapkan oleh BPJS Kesehatan.

Asisten Deputi SDM, Umum, dan Komunikasi, Angga Firdauzie, menjelaskan bahwa prinsip portabilitas tersebut dijalankan dengan memberikan jaminan layanan kesehatan yang mudah, cepat, dan setara bagi peserta JKN di seluruh wilayah Indonesia. 

Peserta yang berada di luar wilayah tempat Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) mereka terdaftar dapat mengakses layanan rawat jalan di FKTP lain hingga maksimal 3 kali kunjungan dalam satu bulan.

BACA JUGA:Soal Pembatasan Pembelian BBM Pertalite yang Segera Diberlakukan, Harus Dipastikan Tepat Sasaran

BACA JUGA:Inovasi Layanan Publik: BPJS Kesehatan Hadir di Mall Pelayanan Publik Jakabaring Palembang

"BPJS Kesehatan juga menyediakan berbagai kanal layanan, termasuk layanan piket di kantor cabang yang beroperasi dari pukul 08.00 hingga 12.00 WIB waktu setempat. 

Layanan non-tatap muka melalui Pelayanan Administrasi melalui WhatsApp (PANDAWA) juga tersedia dari pukul 08.00 hingga 12.00 WIB.

Layanan yang disediakan mencakup informasi, administrasi, dan pengaduan bagi peserta JKN. Selain itu, peserta JKN dapat memanfaatkan layanan administrasi melalui Aplikasi Mobile JKN," terang Angga.

Untuk memastikan pelayanan kesehatan bagi pemudik selama libur Lebaran, BPJS Kesehatan telah menyiapkan Posko Mudik mulai dari tanggal 5 hingga 9 April 2024. 

BACA JUGA:Pendaftaran Dibuka 20 Maret! Pemprov Sumsel Gelar Mudik Gratis Serentak, Ini Syaratnya!

BACA JUGA:40 Rekomendasi Bukber All You Can Eat di Hotel Palembang, Harganya Mulai dari 75 Ribuan!

Posko Mudik Kesehatan tersebar di beberapa titik strategis seperti Terminal Pulo Gebang di Jakarta Timur, Pelabuhan Merak di Banten, Rest Area Tol Cikampek KM 88A di Purwakarta, Rest Area Tol Palikanci KM 207A di Cirebon, Rest Area Tol Ungaran KM 429A di Kabupaten Semarang, Terminal Purabaya di Sidoarjo, dan Pelabuhan Soekarno-Hatta di Kota Makassar.

"Posko tersebut menyediakan berbagai layanan seperti konsultasi kesehatan, fasilitas relaksasi, pemeriksaan kesehatan, penyediaan obat-obatan, tindakan darurat sederhana, dan pemberian rujukan bila diperlukan. Kami berharap masyarakat dapat merasa mudah dan nyaman dalam mengakses layanan kesehatan selama libur Lebaran ini," ujar Angga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: