Pasar Induk OKU Ditargetkan Aktif Sebelum Idul Fitri

Pasar Induk OKU Ditargetkan Aktif Sebelum Idul Fitri

Pasar Induk Batu Kuning tampak terbengkalai karena tidak aktif selama bertahun-tahun. Foto: Eko/Palpos.id--

BATURAJA, PALPOS.ID - Direktur Utama Perumda Pasar, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Radius Susanto menargetkan aktifitas Pasar Induk Batu Kuning mulai normal sebelum hari raya Idul Fitri 1445 Hijriyah.

"Setelah terbengkalai selama belasan tahun, Pasar Induk Batukuning kembali difungsikan sebagai sarana jual beli bagi masyarakat Kabupaten OKU," kata Radius Susanto, Selasa, 26 Maret 2024.

Dia mengatakan, saat ini pihaknya sedang melakukan pendataan para agen sayuran dan buah-buahan untuk mengisi ratusan los yang ada di Pasar Induk guna menggeliatkan pertumbuhan ekonomi di wilayah itu.

"Sebagian besar agen-agen sudah banyak yang mendaftar dan siap menempati los-los yang ada di Pasar Induk. Target kami sebelum Lebaran mereka sudah mengisi lapak yang sudah disediakan," tegasnya.

BACA JUGA:Pasar Korpri Baturaja Akan Ditutup

BACA JUGA:Pasar Induk Batu Kuning Akan Segera Diaktifkan Lagi

Terkait kepemilikan Hak Guna Usaha (HGU) kios atau los di Pasar Induk Batu Kuning, Baturaja Barat semuanya akan diambil alih oleh Perumda Pasar. "Pasar Induk ini sudah lebih dari sepuluh tahun tutup. Jadi HGU-nya sudah habis masa berlakunya secara otomatis,” jelas Radius.

Sebab, kata dia, berdasarkan aturan dalam HGU tersebut terdapat klausul di mana pemilik harus menempati kios atau los agar pasar tidak terbengkalai.

"Ternyata selama ini banyak yang tidak menempati los atau kios. Jadi secara otomatis mereka tidak menjalankan isi perjanjian. Jadi, siapapun yang ingin berjualan silahkan berhubungan dengan Perumda Pasar," katanya.

Radius juga mengimbau kepada para pedagang dan agen apa pun jika berminat ingin mengisis los agar tidak  berhubungan dengan perantara atau calo.

“Silakan datang langsung ke Perumda Pasar. Saya sudah tegaskan kami akan menjalankan pasar ini sesuai aturan. Mengenai biaya sewa dan lainnya akan disesuaikan dengan tarif serta peraturan yang ada,” tegas dia. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: