Kemenkumham Sumsel Tingkatkan Pemibnaan Kerohanian Napi

 Kemenkumham Sumsel Tingkatkan Pemibnaan Kerohanian Napi

--

INFORIAL, PALPOS.ID-Menyambut bulan suci Ramadhan 1445 Hijriah, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sumatera Selatan (Sumsel) mengambil langkah signifikan dalam meningkatkan pembinaan kerohanian narapidana atau warga binaan pemasyarakatan (WBP).

Dalam rangka ini, sejumlah kegiatan pembinaan rohani dilakukan di lembaga pemasyarakatan (lapas) dan rumah tahanan negara (rutan) di wilayah tersebut.

Kepala Kanwil Kemenkumham Sumsel, Ilham Djaya, menyatakan komitmen dalam meningkatkan pembinaan kerohanian narapidana. Beliau mengungkapkan bahwa upaya-upaya konkret dilakukan, seperti kegiatan Safari Ramadhan dan pesantren kilat.

BACA JUGA: Kakanwil Kemenkumham Sumsel Ajak Jajaran Monitoring Keamanan Jelang Idulfitri

BACA JUGA: Kemenkumham Sumsel Ikuti Apel Kesiapan Pengamanan Idulfitri

Melalui kegiatan ini, narapidana diberikan kesempatan untuk mendalami ajaran agama Islam lebih dalam, memperdalam pemahaman tentang keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

"Ceramah agama Islam dan tadarusan selepas shalat tarawih juga diadakan di lapas dan rutan. Kami juga menggelar lomba Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Ramadhan untuk meningkatkan kemampuan membaca Al Quran," ujarnya.

Menariknya, para narapidana yang berhasil meraih prestasi dalam lomba tersebut akan diberikan kesempatan untuk mengikuti MTQ tingkat nasional.

BACA JUGA: Kemenkumham Sumsel Hibur Anak Binaan LPKA Palembang Hadirkan Orang Saat Buka Bersama

BACA JUGA: Kemenkumham Sumsel Koordinasi ke Ditjen AHU Terkait Peningkatan Layanan Grasi

Acara ini akan diadakan sebagai bagian dari peringatan Hari Bhakti Pemasyarakatan Ke-60 pada April 2024.

Ini tidak hanya menjadi ajang prestasi, tetapi juga menjadi kesempatan untuk memotivasi narapidana agar terus meningkatkan kemampuan membaca Al Quran.

Sementara itu, Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Sumsel, Bambang Haryanto, menambahkan bahwa kegiatan Safari Ramadhan diselenggarakan secara bergantian di beberapa Unit Pelaksana Teknis (UPT) di Sumsel.

BACA JUGA: Kemenkumham Sumsel Ikuti Apel Kesiapan Pengamanan Idulfitri

BACA JUGA: Kemenkumham Sumsel Gelar Inkubasi Perseroan Perorangan

Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk menjalin silaturahim antara seluruh jajaran Kanwil Kemenkumham Sumsel dan narapidana atau WBP, serta untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

"Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan manfaat sesuai dengan arahan Dirjen Pemasyarakatan yang mengimbau lapas/rutan untuk lebih meningkatkan pembinaan kerohanian," ujarnya.

Bulan Ramadhan selalu dianggap sebagai bulan yang penuh berkah bagi umat Islam.

BACA JUGA: di Akhir Triwulan I, Kemenkumham Sumsel Lakukan Monev Capain Kinerja Dua Lapas Ini

BACA JUGA: Kunjungan Rutan Baturaja, Kadivmin Kemenkumham Sumsel Lakukan Monev Kinerja Adminitrasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: