Peresmian Asosiasi Media Siber Indonesia: Mengukuhkan Media Digital di Indonesia

Peresmian Asosiasi Media Siber Indonesia: Mengukuhkan Media Digital di Indonesia

Peresmian Asosiasi Media Siber Indonesia: Mengukuhkan Media Digital di Indonesia.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

Pentingnya memperkuat ekosistem bisnis media digital tercermin dalam berbagai inisiatif terkini AMSI. 

Melalui platform e-learning mereka di https://elearning.amsi.or.id/, AMSI merangkum pelajaran bisnis penting untuk diakses secara digital. 

Agregator https://amsinews.id/ juga diluncurkan sebagai wadah untuk konten semua media anggota, sementara agency iklan programmatic IDIA https://amsi.or.id/agensi-amsi/ membantu monetisasi konten.

Tantangan dan Langkah Masa Depan AMSI

Namun, perjalanan AMSI tidaklah tanpa rintangan. Pada tahun 2024, AMSI dihadapkan pada beragam tantangan dalam ekosistem bisnis media digital. 

BACA JUGA:Akhiri Seri Pelatihan Cek Fakta di Solo, AMSI Total Melatih 150 Media

BACA JUGA:Jelang Pemilu 2024 AMSI Gelar Pelatihan Cek Fakta di Sumatera Barat

Di antaranya adalah keterbatasan sumber pendapatan karena bertambahnya jumlah media online tanpa standar layanan yang jelas, perkembangan teknologi digital yang pesat terutama dengan masuknya era kecerdasan buatan (AI), serta penurunan reach dan engagement media akibat terdilusinya konten jurnalistik berkualitas di berbagai platform digital.

Menurut Ketua Umum AMSI, Wahyu Dhyatmika, tantangan tersebut menjadi momentum bagi AMSI untuk terus berkolaborasi dan menghasilkan perubahan positif. 

Perpres Publishers Rights yang disahkan pada Februari 2024 merupakan salah satu bukti keberhasilan kolaborasi tersebut. AMSI berkomitmen untuk mengawal implementasinya hingga negosiasi kompensasi yang adil antara platform dan publisher.

Langkah Strategis AMSI

Ke depan, AMSI berencana untuk melakukan pendataan regulasi yang diperlukan untuk meningkatkan ekosistem bisnis media yang lebih baik, serta melakukan lobi kepada instansi pemerintah terkait. 

BACA JUGA:2 Trainer Cek Fakta AMSI Sumsel Bekali Pemuda Kabupaten Banyuasin untuk Melek Digital

BACA JUGA:AMSI Bersama AJI dan Mafindo Petakan Data Hoaks Jelang Pemilu

AMSI juga akan terus mengembangkan survei dan riset mendalam tentang perkembangan industri media digital, guna memberikan pemetaan masalah dan solusi-solusi yang konkret.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: