Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon) Laporkan Kinerja Positif pada Kuartal I 2024

Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon) Laporkan Kinerja Positif pada Kuartal I 2024

Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon) Laporkan Kinerja Positif pada Kuartal I 2024.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

BISNIS, PALPOS.ID - Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon) Laporkan Kinerja Positif pada Kuartal I 2024.

PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon) mengumumkan pencapaian kinerja keuangan yang mengesankan pada kuartal I tahun 2024, menunjukkan pertumbuhan yang signifikan dalam sektor pemberian pinjaman dan pendanaan.

Menurut laporan yang dirilis, Danamon berhasil mencatatkan Laba Bersih Setelah Pajak (NPAT) konsolidasi sebesar Rp831 miliar, yang menandai peningkatan sebesar 2% Year-on-Year (YoY). 

Kenaikan laba ini mencerminkan ketahanan finansial dan kekuatan strategis bank di tengah fluktuasi ekonomi global.

BACA JUGA:Danamon Kampanye #JanganKasihCelah: Nasabah Diimbau Waspada Modus Penipuan Permintaan Kode OTP

BACA JUGA:Danamon dan Sunyi Academy Bagikan Sertifikat Kompetensi Barista kepada 40 Kawan Difabel

Pendapatan Operasional Danamon juga mencatat pertumbuhan sebesar 8% YoY, mencapai Rp4,7 triliun, sementara Pre-Provisioning Operating Profit (PPOP) meningkat 14% YoY menjadi Rp2,3 triliun. 

Hal ini menunjukkan efisiensi dalam pengelolaan operasi inti bank dan memperkuat fondasi untuk pertumbuhan investasi di masa depan.

Portofolio pinjaman Danamon mencapai rekor tertinggi, dengan Total Kredit dan Trade Finance mencapai Rp179,7 triliun, meningkat sebesar 18% YoY, didorong oleh pertumbuhan dari seluruh segmen bisnis. 

Di sisi pendanaan, total dana pihak ketiga juga meningkat sebesar 14% YoY menjadi Rp143,2 triliun, dengan pertumbuhan terutama terjadi pada Deposito Berjangka.

BACA JUGA:Bank Danamon Sasar Bisnis Konsumer Sebagai Official Multifinance Partner di IIMS 2024

BACA JUGA:Danamon Mantapkan Komitmen Mendukung Pertumbuhan Industri Otomotif Melalui Solusi Finansial

Selain pertumbuhan kredit, Danamon juga fokus pada menjaga kualitas aset yang sehat, yang tercermin dalam peningkatan beberapa indikator kunci. 

Rasio Loan at Risk (LAR) membaik sebesar 70 basis poin (bps) YoY menjadi 12%, sementara Rasio cakupan Non-Performing Loan (NPL) meningkat menjadi 261,8%. Rasio NPL - gross juga membaik sebesar 20 bps YoY menjadi 2,2%.

Menyikapi pencapaian ini, Daisuke Ejima, Direktur Utama Danamon, menyatakan, "Pencapaian ini merupakan awal yang baik pada tahun 2024. 

Ke depannya, Danamon akan terus bertumbuh sebagai Financial Group bersama dengan anggota lain dari Grup MUFG untuk mendukung pertumbuhan seluruh stakeholders dan perekonomian Indonesia".

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: