Pemekaran Wilayah Sulawesi Selatan: Potensi Ekonomi Bone Calon Ibukota Otonomi Baru Provinsi Bugis Timur

Pemekaran Wilayah Sulawesi Selatan: Potensi Ekonomi Bone Calon Ibukota Otonomi Baru Provinsi Bugis Timur

Pemekaran Wilayah Sulawesi Selatan: Potensi Ekonomi Bone Calon Ibukota Otonomi Baru Provinsi Bugis Timur.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

Calon Provinsi Bugis Timur terdiri dari enam kabupaten, yaitu Kabupaten Bone, Kabupaten Wajo, Kabupaten Sidenreng Rappang (Sidrap), Kabupaten Sinjai, Kabupaten Soppeng, dan Kabupaten Bulukumba. 

Dengan luas wilayah 11.300 kilometer persegi dan populasi sekitar 2 juta jiwa, ibukota provinsi ini direncanakan berada di Kabupaten Bone.

Provinsi Tana Toraja

Calon Provinsi Tana Toraja akan mencakup Kabupaten Tana Toraja, Kabupaten Toraja Utara, dan Kabupaten Mamasa (dari Sulawesi Barat). 

Ibukota provinsi ini direncanakan berada di Kota Makale. Pemekaran lebih lanjut dari wilayah ini diperlukan untuk memenuhi syarat administrasi.

Kesimpulan dan Implikasi Pemekaran Wilayah

Pemekaran wilayah Sulawesi Selatan bukan hanya langkah administratif, tetapi juga strategi untuk mempercepat pembangunan dan kesejahteraan masyarakat. 

Kabupaten Bone sebagai calon ibukota Provinsi Bugis Timur menunjukkan potensi ekonomi yang besar. 

Sektor pertanian, perikanan, pariwisata, dan pertambangan adalah pilar-pilar utama yang dapat diandalkan. 

Keberhasilan pemekaran wilayah ini akan sangat bergantung pada kerjasama antara pemerintah pusat, daerah, dan masyarakat dalam mengelola dan mengembangkan potensi yang ada.

Pemekaran Wilayah Sulawesi Selatan: Batas Wilayah Kabupaten Bone Calon Ibukota Provinsi Bugis Timur.

Proses pemekaran wilayah Provinsi Sulawesi Selatan terus mendapatkan perhatian serius meskipun moratorium Daerah Otonomi Baru (DOB) belum dicabut oleh Pemerintah Pusat. 

Pemekaran ini dianggap layak mengingat luas wilayah daratan Provinsi Sulawesi Selatan yang mencapai 46.717 kilometer persegi dan jumlah penduduk yang melebihi 9 juta jiwa. 

Dalam konteks ini, Kabupaten Bone menjadi sorotan sebagai calon ibu kota Provinsi Bugis Timur yang diusulkan.

Batas Wilayah Kabupaten Bone

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: