Pemekaran Wilayah Sumatera Utara: Kota Sibolga dan Lima Kabupaten Gabung Otonomi Baru Provinsi Tapanuli

Pemekaran Wilayah Sumatera Utara: Kota Sibolga dan Lima Kabupaten Gabung Otonomi Baru Provinsi Tapanuli

Pemekaran Wilayah Sumatera Utara: Kota Sibolga dan Lima Kabupaten Gabung Otonomi Baru Provinsi Tapanuli.-Palpos.id-Foto : Tangkapan Layar Youtube @data dan angka

SUMATERA UTARA, PALPOS.ID - Pemekaran Wilayah Sumatera Utara: Kota Sibolga dan Lima Kabupaten Gabung Otonomi Baru Provinsi Tapanuli.

Provinsi Sumatera Utara (Sumut) yang saat ini memiliki 33 kabupaten dan kota, terdiri dari 25 kabupaten dan 8 kota, sedang menghadapi wacana pemekaran wilayah yang signifikan. 

Dengan luas wilayah yang mencapai 72.981 kilometer persegi, terdapat usulan untuk membentuk provinsi daerah otonomi baru (DOB), salah satunya adalah Provinsi Tapanuli.

Usulan ini melibatkan enam kabupaten dan kota yang siap bergabung ke dalam Provinsi Tapanuli jika pemisahan dari Provinsi Sumatera Utara terealisasi.

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Sumatera Utara: Usulan Pembentukan Daerah Otonomi Baru Provinsi Tapanuli Mencuat

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Sumatera Utara: Wacana Pembentukan Otonomi Baru Sumatera Tenggara Terus Mengemuka 

Enam wilayah tersebut adalah Kabupaten Tapanuli Utara, Kabupaten Tapanuli Tengah, Kabupaten Toba, Kabupaten Samosir, Kota Sibolga, dan Kabupaten Humbang Hasudutan. 

Pemekaran ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi pemerintahan dan mempercepat pembangunan daerah.

Gambaran Umum Provinsi Tapanuli

Jika Provinsi Tapanuli terbentuk, wilayah ini akan memiliki luas sekitar 12.75 kilometer persegi atau sekitar 20 persen dari total luas Provinsi Sumatera Utara. 

Luas wilayah ini hampir dua kali lipat dari luas Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang mencapai 6.6 ribu kilometer persegi.

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Sumatera Utara: Intip Profil Tiga Provinsi Otonomi Baru di 'Kota Melayu Deli'

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Sumatera Utara: Usulan Pembentukan Tiga Provinsi Otonomi Baru Terus Menggelinding

Jumlah penduduk Provinsi Tapanuli diperkirakan mencapai lebih dari 1.32 juta jiwa, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2020. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: