Distribusi Air Bersih di Palembang Terhenti, Ternyata Ini Penyebabnya

Distribusi Air Bersih di Palembang Terhenti, Ternyata Ini Penyebabnya

Listrik se-Sumsel padam, membuat Distribusi Air Bersih di Palembang Terhenti--ig @perumdatirtamusi

PALEMBANG, PALPOS.ID - Gangguan pada jaringan transmisi SUTT 275 kV Linggau-Lahat milik PT PLN (Persero) menyebabkan pemadaman listrik di sebagian besar Gardu Induk di wilayah Sumatera Selatan, Jambi, dan Bengkulu.

Insiden ini juga berdampak pada operasional pompa di Intake dan Instalasi Pengolahan Air (IPA) Perumda Tirta Musi Palembang, menyebabkan gangguan pasokan air.

Akibatnya, Selasa 4 Juni 2024 layanan air bersih dari Perumda Tirta Musi terganggu. Pantauan palpos.id hampir seluruh wilayah Palembang, layanan air bersih terhenti.

Berdasarkan informasi di Instagram @perumdatirtamusi, disebutkan akibat adanya gangguan jaringan transmisi SUTT 275 kV Linggau-Lahat PT PLN sehingga terjadi pemadaman listrik di wilayah Sumatera Selatan, Jambi dan Bengkulu.

BACA JUGA:Penilaian Kompetensi Pejabat Fungsional Ahli Muda Pemkot Palembang: Langkah Strategis Membangun SDM Unggul

Akibat dari pemadaman listrik ini, pompa pada Intake dan Instalasi Pengolahan Air (IPA) Perumda Tirta Musi Palembang tidak dapat beroperasi. 

Perumda Tirta Musi menghimbau kepada seluruh pelanggan untuk menghemat penggunaan air. "Wilayah terdampak dari gangguan ialah seluruh wilayah pengaliran Perumda Tirta Musi Palembang.

Mohon maaf atas ketidaknyamanannya," tulis Perumda Tirta Musi dalam pengumumannya.

Dirut Perumda Tirta Musi Palembang, Andi Wijaya Adani melalui Direktur Umum, Hadri mengatakan, saat ini pihak Perumda Tirta Musi terus berkoordinasi dengan PLN.

BACA JUGA:1.058 Desa Wilayah KC Palembang Daftarkan Perangkat Desa Menjadi Peserta JKN

"Mudah-mudahan gangguan PLN ini segera teratasi. Kami juga berupaya untuk segera menormalkan kembali layanan air bersih ke pelanggan," ujarnya.

Pengumuman dan Permohonan Maaf PLN

Melalui unggahan di akun Instagram resmi @plns2jb pada Selasa, 4 Juni 2024, PLN menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh pelanggan yang terdampak.

"Assalamualaikum. Izin menginformasikan pak, sdg terjadi gangguan di jaringan transmisi SUTT Linggau-Lahat sehingga menyebabkan padam di sebagian besar Gardu Induk di provinsi Sumatera Bagian Selatan (Sumsel, Jambi, Bengkulu, Lampung)," tulis pengumuman tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: