Kemenkumham Sumsel Akan Pamerkan Batik Kujur dan Kopi Semendo Muara Enim pada Mobile Intellectual Property Cl

 Kemenkumham Sumsel Akan Pamerkan Batik Kujur dan Kopi Semendo Muara Enim pada Mobile Intellectual Property Cl

--

INFORIAL, PALPOS.ID-Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Selatan bersiap untuk menyelenggarakan acara Mobile Intellectual Property Clinic (MIC) yang akan berlangsung pada Rabu, 19 Juni 2024, di Hotel Aryaduta Palembang.

Acara ini diselenggarakan atas kerjasama dengan Pemerintah Daerah Muara Enim dengan tujuan mengangkat dua aspek penting kekayaan intelektual lokal: Batik Kujur dan Kopi Semendo Muara Enim.

Dalam rapat persiapan yang dilakukan pada Jumat, 7 Juni, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Ika Ahyani Kurniawati, menjelaskan alasan di balik pemilihan tema ini.

BACA JUGA: Kemenkumham Sumsel : 23 Santri Tahfidz pada Rutan Palembang di Wisuda

BACA JUGA: Dorong Pelaksanaan RB, Kadivmin Kemenkumham Sumsel Hadiri Monev di Semarang

Batik Kujur, meskipun telah mendunia dengan penampilannya di acara New York Indonesia Fashion Week pada Februari 2023, masih belum terdaftar sebagai hak cipta Kekayaan Intelektual.

Sementara itu, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Selatan akan segera menggelar Mobile Intellectual Property Clinic (MIC).

Acara ini, yang dijadwalkan pada Rabu 19 Juni 2024, bertujuan untuk memperkenalkan dan mempromosikan kekayaan intelektual lokal.

BACA JUGA:Delapan Pejabat Kemenkumham Sumsel Berganti

BACA JUGA:Satker Kemenkumham Sumsel Jadi Percontohan Pembangunan Zona Integritas

 New York Indonesia Fashion Week pada tahun 2023, , sebagai Indikasi Geografis pertama dari provinsi Sumsel yang terdaftar secara resmi, merupakan bukti akan potensi dan kekhasan produk lokal.

"Kami ingin mengenalkan kepada seluruh masyarakat Sumsel bahwa kita punya Batik Kujur yang mendunia dan Kopi Semendo yang enak rasanya," ungkap Ika.

BACA JUGA: Tingkatkan Peran dan Fungsi JFT Pengamanan, Kemenkumham Sumsel Gelar Sosialisasi Teknis Pemasyarakatan

BACA JUGA:Kemenkumham Sumsel bersama YPMBPBI Berikan Pendidikan Moralitas dan Budi Pekerti pada Warga Binaan

Mobile IP Clinic diharapkan dapat memberikan layanan yang komprehensif terkait kekayaan intelektual, mulai dari konsultasi hingga pendampingan pendaftaran, serta penelusuran dan penyusunan spesifikasi paten.

Tak hanya itu, acara ini juga akan menampilkan pameran produk Kekayaan Intelektual oleh UMKM serta menyediakan layanan informasi dan pengaduan.

Dengan konsep "jemput bola", Mobile IP Clinic diharapkan dapat menjangkau berbagai stakeholder, termasuk Pemerintah Daerah, Perguruan Tinggi, UMKM, dan masyarakat luas, sehingga kesadaran akan kekayaan intelektual dapat tersebar lebih luas dan lebih dalam.

BACA JUGA:Wujudkan Birokrasi Berdampak, Kanwil Kemenkumham Sumsel ikuti Monev RKT-RB.

BACA JUGA: Kemenkumham Sumsel Ambil Peran dalam Rakernis Ditjen Kekayaan Intelektual

Acara tersebut akan berlangsung dari tanggal 19 hingga 21 Juni 2024, mulai dari hari Rabu hingga Jumat, di Hotel Aryaduta Palembang. Acara akan dibuka langsung oleh Pejabat Pj. Gubernur Sumsel.

Dalam konteks ini, MIC menjadi sebuah platform yang memungkinkan para pelaku usaha dan masyarakat umum untuk lebih memahami pentingnya perlindungan dan pengakuan terhadap kekayaan intelektual.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: