Kemenkumham Sumsel Sosialisasikan Pentingnya Pelindungan Paten di Muara Enim

Kemenkumham Sumsel Sosialisasikan Pentingnya Pelindungan Paten di Muara Enim

--

INFORIAL, PALPOS.ID-Kanwil Kemenkumham Sumsel, bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham), menggelar Sosialisasi Drafting Paten (Spesifikasi Paten) untuk Perguruan Tinggi, Lembaga, dan Pelaku Usaha di Provinsi Sumatera Selatan pada Selasa, 2-3 Juli 2024.

Kegiatan ini diadakan di Ballroom The Melio Enim Hotel dan diikuti oleh 43 peserta dari berbagai sektor, termasuk Pemerintah Daerah, Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang), Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas), akademisi, serta pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Plh. Kakanwil Kemenkumham Sumsel, Rahmi Widhiyanti, menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian Patent One Stop Service (POSS) yang diselenggarakan oleh Kemenkumham Sumsel di Kabupaten Muara Enim.

BACA JUGA: Kemenkumham Sumsel Ikuti Kegiatan Uji Keamanan Aplikasi Terhadap Hasil Verifikasi

BACA JUGA: Hadiri Pengukuhan Kepala OJK, Kemenkumham Sumsel Siap Berkolaborasi

"Drafting Paten (Spesifikasi Paten) adalah salah satu persyaratan penting yang harus dipenuhi untuk mendaftarkan paten," ujar Rahmi.

Rahmi menekankan pentingnya pemahaman yang baik mengenai pembuatan spesifikasi paten bagi para inventor.

Menurutnya, dengan meningkatnya pemahaman ini, semakin banyak invensi yang akan dihasilkan dan mendapatkan perlindungan hukum yang memadai.

BACA JUGA: Kemenkumham Sumsel himpun PNBP Rp17 miliar dari layanan keimigrasian

BACA JUGA: Serahkan Sertifikat Paten, Kemenkumham Sumsel Lakukan Kunjungan Industri ke PTBA

"Pemahaman ini sangat penting bagi para inventor. Dengan pengetahuan yang baik, mereka dapat menghasilkan lebih banyak inovasi yang terlindungi oleh paten," jelasnya.

Rahmi juga mengajak semua peserta untuk memanfaatkan kesempatan ini untuk menimba dan menyerap ilmu pengetahuan dari para pakar di bidang paten yang hadir sebagai narasumber.

"Terus gali potensi inovasi yang dimiliki, terus berkreasi, dan terus berkarya. Harapannya, pendaftaran paten dari Provinsi Sumatera Selatan dapat meningkat," tambahnya.

BACA JUGA:Kemenkumham Sumsel Hadiri Upacara Hari Bhayangkara ke-78

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: