PLN Ajukan PMN Rp3 Triliun untuk Pembangunan Kelistrikan Daerah Terpencil di 2025

PLN Ajukan PMN Rp3 Triliun untuk Pembangunan Kelistrikan Daerah Terpencil di 2025

--

BACA JUGA: PLN Siapkan Infrastruktur dan Personel untuk Menyukseskan KTT WWF di Bali

“Listrik saat ini merupakan kebutuhan primer bagi masyarakat. Maka dari itu, bersama dengan Pemerintah, kami akan terus menggenjot pemerataan listrik sampai wilayah 3T sesuai dengan pengejawantahan sila ke-5 Pancasila, sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat Indonesia,” ujar Darmawan.

PLN bersama Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) telah menyusun dan menyepakati roadmap program Listrik Desa (Lisdes) untuk mencapai Rasio Desa Berlistrik PLN 100%.

Untuk mendukung target tersebut, PLN mengajukan alokasi PMN sebesar Rp3 triliun pada tahun 2025 guna melistriki sebanyak 85 ribu pelanggan di 1.092 desa.

BACA JUGA:Persiapan PLN untuk Momen Mudik: Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Siap Sambut Pemudik

BACA JUGA: Menteri ESDM: PLN Siap Hadapi Tantangan Kelistrikan Selama Momen Berharga

Darmawan menjelaskan bahwa program Lisdes yang tersisa meliputi daerah-daerah ekstrem yang semakin sulit dijangkau, penuh risiko, berada di area terpencil, dan masuk dalam wilayah 3T.

PLN berusaha menghadirkan listrik ke semua pelosok meskipun dihadapkan dengan tantangan aksesibilitas, geografis, dan kondisi rawan keamanan maupun konflik sosial.

Dalam upaya mengoptimalkan perencanaan dan eksekusi program Lisdes, PLN telah melakukan transformasi digital dan mengintegrasikan roadmap Lisdes dengan peta geospasial.

BACA JUGA: Apresiasi Pemudik: PLN Berhasil Memfasilitasi Ribuan Pemudik dengan Mudik Bersama BUMN

BACA JUGA: PLN Jamin Pasokan Listrik Aman Selama Libur Idul Fitri: Inspeksi Langsung ke PLTU Paiton

Hal ini memastikan bahwa program tersebut lebih terukur dan tepat sasaran.

“Kemudian telah dilakukan juga komunikasi ke Forkopimda (Forum Koordinasi Pimpinan Daerah). Di daerahnya masing-masing," jelas Darmawan.

Setiap GM bertemu dengan para Gubernur, Bupati, DPRD, dan stakeholder lain untuk mendapatkan dukungan, karena program listrik desa ini bukanlah program PLN saja, tetapi ini adalah program negara.

BACA JUGA: Direktur PLN Lakukan Inspeksi SPKLU Jalur Mudik, Pastikan 1.299 Unit Se- Indonesia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: