Persiapan PLN untuk Momen Mudik: Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Siap Sambut Pemudik

Persiapan PLN untuk Momen Mudik: Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Siap Sambut Pemudik

--

BISNIS, PALPOS.ID-Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), melalui Komisi VI, memberikan apresiasi tinggi terhadap langkah-langkah yang diambil oleh PT PLN (Persero) dalam menjaga keandalan pasokan listrik selama momen Ramadan dan Idul Fitri 1445 H.

Dalam pertemuan antara Komisi VI DPR RI dengan PLN yang berlangsung di Jakarta pada Rabu (3/4), Wakil Ketua Komisi VI DPR RI, Aria Bima, menyatakan dukungannya terhadap upaya PLN untuk memastikan ketersediaan pasokan listrik yang andal dan memberikan layanan terbaik bagi masyarakat selama libur Hari Raya Idul Fitri tahun ini.

BACA JUGA: Apresiasi Pemudik: PLN Berhasil Memfasilitasi Ribuan Pemudik dengan Mudik Bersama BUMN

BACA JUGA: PLN Jamin Pasokan Listrik Aman Selama Libur Idul Fitri: Inspeksi Langsung ke PLTU Paiton

"Komisi VI DPR RI mendukung PLN dalam memastikan pasokan listrik dan kualitas layanan yang terjaga selama periode libur hari raya Idul Fitri 2024.

Khususnya, memastikan kesiapan stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) beserta sarana pendukungnya dalam rangka mendukung para pemudik yang menggunakan kendaraan listrik," kata Aria dalam Rapat Dengar Pendapat tersebut.

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, menjelaskan bahwa saat ini seluruh kondisi kelistrikan untuk menyambut Idul Fitri 1445 H berada dalam kondisi aman dan andal.

BACA JUGA: Direktur PLN Lakukan Inspeksi SPKLU Jalur Mudik, Pastikan 1.299 Unit Se- Indonesia

BACA JUGA:PLN Siapkan 175 SPKLU Baru untuk Dukung Mudik Ramah Lingkungan

Darmawan menegaskan bahwa PLN telah melakukan persiapan selama dua bulan terakhir, mulai dari energi primer, pembangkit, sistem transmisi, distribusi, hingga pelayanan pelanggan.

Dia memastikan bahwa seluruh sistem kelistrikan berada dalam kondisi yang prima.

"PLN memastikan seluruh pasokan daya sistem kelistrikan dalam kondisi normal, untuk itu kami sudah melakukan persiapan dalam 2 bulan ini. Mulai dari energi primer, pembangkit, sistem transmisi, distribusi, hingga pelayanan pelanggan. Kami memastikan seluruh sistem end to end dalam kondisi yang prima," ujar Darmawan.

BACA JUGA:Tantangan dan Solusi: PLN dan Kejaksaan Tinggi Sumsel Bersatu Hadapi Hambatan Pembangunan Listrik

BACA JUGA: Langkah Antikorupsi Terpadu: PLN dan Kejaksaan Tinggi Sumsel Ajak Berbagai Pihak Diskusikan Strategi

Darmawan juga mengungkapkan bahwa saat ini pasokan energi primer pada seluruh pembangkit listrik berada dalam kondisi yang aman, dengan cadangan di atas 20 hari.

PLN juga telah melakukan pemeliharaan pada pembangkit dan jaringan transmisi hingga distribusi sebelum memasuki masa siaga Idul Fitri.

"Kami juga memastikan neraca daya nasional. Cadangan daya sangat cukup, di mana kapasitas pembangkit jauh lebih besar dibandingkan prediksi beban puncak," tambah Darmawan.

BACA JUGA: Dibuka Ketua PIKK PLN, Booth UMK Binaan PLN Tawarkan Berbagai Produk Khas Daerah di INACRAFT 2024

BACA JUGA:Menteri BUMN Dorong Transformasi: PLN Raih Sukses dalam Keterbukaan dan Keberlanjutan

Selain itu, PLN juga menyiapkan 81.591 personel siaga dan 2.766 posko siaga yang siap melayani kebutuhan masyarakat selama momen liburan lebaran tahun ini.

Khusus untuk persiapan mudik, PLN memastikan seluruh Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di seluruh Indonesia beroperasi optimal, terutama yang berada di sepanjang ruas tol Trans Jawa maupun Trans Sumatra yang menjadi pusat mobilisasi masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: