Pemekaran Wilayah Kalimantan Barat: Lima Fakta Menarik Ibu Kota Daerah Otonomi Baru Provinsi Ketapang

Pemekaran Wilayah Kalimantan Barat: Lima Fakta Menarik Ibu Kota Daerah Otonomi Baru Provinsi Ketapang

Pemekaran Wilayah Kalimantan Barat: Lima Fakta Menarik Ibu Kota Daerah Otonomi Baru Provinsi Ketapang.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

2. Kota Tertua di Kalimantan Barat

Sejarah Kabupaten Ketapang mencatat beberapa kali perubahan nama, dari Tanjungpura, Matan, hingga akhirnya menjadi Ketapang. 

Tanjungpura, yang merupakan nama awal Ketapang, dikenal sebagai salah satu kerajaan tertua di Provinsi Kalimantan Barat.

Dengan predikat ini, Kabupaten Ketapang disebut sebagai kabupaten atau kota tertua di Kalimantan Barat, memiliki sejarah dan budaya yang kaya dan beragam.

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Kalimantan Barat: Usulan Pembentukan Kota Sintang Terus Menggelinding

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Kalimantan Barat: Progres Daerah Otonomi Baru Provinsi Kapuas Raya

3. Sering Disebut Wilayah Kabupaten Banyuwangi

Meskipun berada di Kalimantan Barat, Kabupaten Ketapang sering kali disalahpahami sebagai bagian dari Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. 

Ini karena ada Desa Ketapang di Kecamatan Kalipuro, Banyuwangi, yang terkenal dengan Pelabuhan Ketapang, salah satu pintu gerbang utama menuju Pulau Bali. 

Kesalahpahaman ini juga disebabkan oleh popularitas Desa Ketapang di Banyuwangi yang memiliki banyak objek wisata menarik.

4. Banyak Wisata Pantai

Kabupaten Ketapang memiliki banyak pantai yang indah dan masih asri, meskipun belum sepenuhnya dikelola secara maksimal.

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Kalimantan Barat: Usulan Pembentukan Dua Provinsi Daerah Otonomi Baru Muncul Lagi

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Kalimantan Barat: Profil Lima Kabupaten Masuk Daerah Otonomi Baru Provinsi Ketapang

Beberapa pantai populer di Ketapang termasuk Pantai Air Mata Permai, Pantai Kinjil, Pantai Tanjung Belandang, Pantai Pasir Putih, Pantai Tanjung Batu, dan Pantai Sungai Jawi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: