79 Tahun Mengabdi, Kemenkumham Sumsel Gelar Upacara Peringatan Puncak HUT Pengayoman

 79 Tahun Mengabdi, Kemenkumham Sumsel Gelar Upacara Peringatan Puncak HUT Pengayoman

--

INFORIAL, PALPOS.ID-Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sumatera Selatan merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Pengayoman ke-79 dengan penuh khidmat di halaman Lapas Kelas I Palembang pada Senin pagi.

Upacara peringatan kali ini menandai tonggak penting bagi Kemenkumham, karena merupakan perayaan pertama sejak perubahan nama dari Hari Dharma Karya Dhika (HDKD) menjadi Hari Pengayoman.

Tema yang diusung dalam perayaan tahun ini adalah "Kemenkumham Mengabdi untuk Negeri, Menuju Indonesia Emas 2045", yang mencerminkan tekad dan komitmen institusi untuk mencapai transformasi besar dalam sistem hukum dan hak asasi manusia di Indonesia menjelang perayaan kemerdekaan yang ke-100.

Upacara dipimpin oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sumsel, Dr. Ilham Djaya, yang bertindak sebagai inspektur upacara.

BACA JUGA: Kemenkumham Sumsel Ikuti Upacara Penurunan Bendera Sang Merah Putih

BACA JUGA: Kadivpas Kemenkumham Sumsel Hadiri Upacara Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI di Griya Agung

Dalam sambutannya, Dr. Ilham membacakan amanat Menteri Hukum dan HAM.

Ia menjelaskan bahwa perubahan nama perayaan ini menandakan era baru dalam pengabdian dan pelayanan Kemenkumham.

"Perayaan HUT Pengayoman kali ini bukan hanya sebuah tradisi, tetapi merupakan wujud komitmen kita untuk memasuki fase baru dalam pengabdian kepada masyarakat," ungkap Dr. Ilham.

Tema "Indonesia Emas 2045" bukan hanya slogan, tetapi merupakan visi besar yang mengarah pada pencapaian sistem hukum yang lebih baik, responsif, transparan, dan akuntabel.

BACA JUGA:Penyuluh Hukum Kemenkumham Sumsel Ajak Masyarakat Partisipasi dalam Pembentukan Regulasi Kepatuhan Hukum

BACA JUGA: Kemenkumham Sumsel Gelar Turnamen Voli antar Pegawai

Menurut Dr. Ilham, tema tersebut menggarisbawahi pentingnya transformasi dalam sistem hukum dan perlindungan hak asasi manusia.

Ia menekankan bahwa sebagai insan pengayoman, seluruh jajaran Kemenkumham memiliki tanggung jawab besar dalam memastikan bahwa hukum diterapkan dengan adil dan HAM dihormati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: