Pendampingan TKDN: Upaya BSPJI Palembang Mendukung Produk Lokal Menghadapi Persaingan Global

Pendampingan TKDN: Upaya BSPJI Palembang Mendukung Produk Lokal Menghadapi Persaingan Global

--

Sertifikat ini diharapkan dapat membantu industri kecil mendapatkan pengakuan atas komponen dalam negeri yang digunakan dalam produk mereka.

Verifikator TKDN dan Fasilitator Profesional, untuk memastikan proses sertifikasi berjalan lancar, BSPJI Palembang telah menyiapkan enam fasilitator TKDN, semuanya telah mendapatkan sertifikat dari pusat P3DN Kementerian Perindustrian.

BACA JUGA:Februari 2024, BBM Non Subsidi Tak Naik, Politik atau Bisnis?, Ini kata Pengamat

BACA JUGA:BSN Dorong Penerapan SNI Material Bahan Bangunan untuk Menghindari Kecelakaan Konstruksi

Dua dari fasilitator tersebut bahkan ditunjuk langsung oleh Menteri Perindustrian sebagai verifikator TKDN IK.

Verifikator ini bertugas untuk memastikan bahwa proses sertifikasi sesuai dengan standar yang ditetapkan, memberikan bimbingan teknis, serta menjawab segala pertanyaan yang mungkin timbul selama proses.

Profil IKM yang Mendapatkan Sertifikasi TKDN sebagian besar industri kecil yang terlibat dalam sertifikasi TKDN IK di Kabupaten Bangka Barat berfokus pada produk makanan, seperti ikan, kerupuk, pempek, dan kopi bubuk.

Sertifikasi ini diharapkan tidak hanya meningkatkan kualitas produk tetapi juga memperluas pasar bagi produk-produk tersebut, baik di tingkat nasional maupun global.

BACA JUGA:Bisnis Media Jangan Hanya Modal Nekat, Buat Konten Berkualitas, Kreatif Bukan Hoaks

BACA JUGA:Bukan Pempek, Pebisnis Skincare Tajir Mira Hayati Beli Oleh-Oleh Emas Rp 476 Juta di Palembang

Peran Dana Alokasi Khusus dalam Pendampingan sertifikasi TKDN IK juga didukung oleh Dana Alokasi Khusus (DAK) dari Kementerian Perindustrian melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil dan Menengah dan Aneka (IKMA).

Dana ini digunakan untuk memperkuat sentra-sentra industri kecil, sehingga mereka dapat memenuhi standar sertifikasi dan meningkatkan daya saing produk mereka di pasar.

Dengan adanya sertifikasi TKDN IK, diharapkan industri kecil di Kabupaten Bangka Barat dapat merasakan dampak positif dari peningkatan daya saing produk mereka. Sertifikat TKDN IK diharapkan menjadi langkah penting dalam membantu pelaku industri kecil menghadapi persaingan di pasar domestik dan internasional.

"Kami mengambil sikap proaktif untuk memberikan pendampingan dan sertifikasi TKDN IK agar semakin banyak produk IKM yang memiliki sertifikat ini. Dengan demikian, daya saing produk IKM bisa lebih kuat di kancah nasional maupun global," tambah Syamdian.

BACA JUGA:Menteri ATR/BPN Berkunjung ke Sumsel Bagikan Sertifikat Hak atas Tanah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: