P2G Ingatkan Presiden Prabowo Terkait Janji Tambahan Gaji Guru Rp2 Juta Per Bulan

P2G Ingatkan Presiden Prabowo Terkait Janji Tambahan Gaji Guru Rp2 Juta Per Bulan

P2G Ingatkan Presiden Prabowo Terkait Janji Tambahan Gaji Guru Rp2 Juta Per Bulan.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

PALPOS.ID - P2G Ingatkan Presiden Prabowo Terkait Janji Tambahan Gaji Guru Rp2 Juta Per Bulan.

Perhimpunan Pendidikan dan Guru (P2G) memberikan peringatan dan harapan kepada Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, terkait sejumlah isu penting di sektor pendidikan. 

Salah satu yang menjadi sorotan utama adalah janji Prabowo mengenai tambahan penghasilan sebesar Rp2 juta per bulan untuk seluruh guru, baik guru negeri maupun swasta.

Dalam keterangannya, P2G menegaskan bahwa pemerintah baru harus memprioritaskan kesejahteraan guru serta menyelesaikan berbagai masalah pendidikan yang mendesak, seperti skor PISA yang terus menurun, rekrutmen guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), serta ketimpangan distribusi guru di berbagai wilayah.

BACA JUGA: Bukti Kepercayaan Masyarakat :Komitmen UPGRIP Menuju Perguruan Tinggi Excellent di Era Digital,

BACA JUGA:500 Guru dan Kepsek PAUD se Kota Palembang Ikut Sosialisasi Penggunan Aplikasi Pendidikan

Menurunnya Skor PISA Indonesia

Koordinator Nasional P2G, Satriawan Salim, mengungkapkan keprihatinannya terhadap penurunan skor PISA (Programme for International Student Assessment) Indonesia. 

PISA adalah program penilaian pendidikan global yang mengevaluasi kemampuan literasi membaca, matematika, dan sains di kalangan pelajar.

"Skor PISA Indonesia pada 2018 untuk kemampuan membaca tercatat 371, sementara pada 2022 menurun menjadi 359. Untuk matematika, dari 379 pada 2018 turun menjadi 366 pada 2022, dan sains dari 379 menjadi 366," jelas Satriawan dalam keterangan resmi di Jakarta, Minggu (20/10/2024).

Penurunan ini mencerminkan kondisi pendidikan yang kurang baik di Indonesia. 

BACA JUGA:Update Kasus Dugaan Perselingkuhan Oknum Guru di Prabumulih, Pj Wako: Sudah Kita Berikan Sanksi

BACA JUGA:Kepengurusan AMSI Sumsel Periode 2024-2028 Resmi Dilantik: Peran Penting Media Siber dalam Menangkal Hoaks

P2G menekankan bahwa pemerintah baru perlu menempatkan pendidikan dasar dan menengah sebagai prioritas utama dengan mengejar ketertinggalan skor PISA tersebut. 

Peran Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah (Mendikdasmen) baru sangat krusial dalam memperbaiki kualitas pendidikan nasional.

Janji Pengangkatan Guru dan Rekrutmen PPPK

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: