Sedapnya Pindang Serani Cocok Untuk Menu Sahur, Ini Resepnya....

Sedapnya Pindang Serani Cocok Untuk Menu Sahur, Ini Resepnya....

pindang serani--foto : yati/palpos.id

- Satu Batang Daun Bawang

Setelah bumbu gulai pindang serani semuanya siap. Terlebih dahulu kamu harus menggoreng ikan yang akan dijadikan sebagai menu pindang serani.

Sebaiknya ikan tidak langsung digoreng, tapi dibumbui dengan sebutir bawang putih, satu ruas jahe dan kunyit, air jeruk lemon atau jeruk nipis dan sedikit garam.  Sehingga cita rasa ikan gorengnya mantul meski belum menjadi gulai pindang serani. 

BACA JUGA:Inovasi Baru, Pengusaha Pempek di Ogan Ilir Bikin Pempek dengan Aneka Warna

Setelah ikan gorengnya siap, sekarang mulai mengolah bumbunya ya. Untuk bumbu kami bisa iris tipis-tipis ya, kecuali daun salam dan asam kandisnya.

Siapkan wajan dengan sedikit minyak (dua sendok minyak). Setelah minyak panas, masukkan Bamer dan Baput yang sudah diiris-iris tipis. Setelah layu masukan juga irisan cabe merah.

Kemudian masukan bumbu kunyit, jahe, laos/lengkuas, dan sereh yang sudah diiris-iris tipis. Setelah semua bumbu layu masukan daun salam dan asam kandis.

BACA JUGA:Pindang Palembang dan Pecel Lele Masuk Mall, Yuk Cicip di Pindang-Pecel Lele Rajo..

Lalu tambahkan 1 liter air bisa ditambah jika dirasa kurang.  Tambahkan kecap asin secukupnya. Tutup dan biarkan sampai airnya benar-benar mendidih. Kemudian masukan ikan goreng tutup kembali dan kecilkan apinya. Biarkan sampai sekitar 10 menit. 

Kemudian tambahkan garam, gula. Aduk rata, kontrol rasa. Boleh juga ditambah penyerap rasa. Terkahir masukan irisan tomat dan daun bawang dan gulai pindang sudah siap disajikan dan nikmati bersama nasi. 

Demikian resep gulai seraninya, selamat mencobanya di rumah.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: